Health

Christina Anstead Mengonsumsi Plasenta Bayinya

By  | 


Seminggu sejak ia melahirkan putranya, Christina Anstead menceritakan bahwa dia dapat melewati depresi paska persalinan dengan mengonsumsi plasenta bayinya.

Dalam Instagram Story-nya di akhir pekan lalu, bintang HGTV ini menunjukkan sebotol pil enkapsulasi plasenta berwarna abu-abu.

“Ini pertama kali saya mencobanya, dan saya pikir pil plasenta ini benar-benar efektif,” tulisnya pada caption foto putranya, Hudson London, yang sedang tidur di bassinet.

Christina, Ant, dan baby Hudson.

Secara pasti bagaimana cara kerjanya memang belum pasti diketahui, tetapi Christina tidak sendiri. Karena ternyata banyak para selebriti mama yang juga sudah melakukan hal ini sebelumnya.

Hilary Duff, Chrissy Teigen, Kim Kardashian West, Katherine Heigl, Alicia Silverstone dan January Jones adalah beberapa selebriti mama yang melakukannya, baik dalam bentuk pil, smoothie atau dengan metode lain.

Instagram stories Christina

Pendapat Ahli tentang Mengonsumsi Plasenta Bayi

Plasenta adalah organ yang menjadi perantara bagi mama dalam menyediakan nutrisi bagi janinnya. Para mama yang sudah pernah melakukan hal ini mengatakan bahwa mengonsumsi plasenta bisa menjadi mood booster dan memberikan energi lebih bagi para new mamas. Tak hanya itu, plasenta juga dikatakan dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan produksi ASI.

Walau begitu, American College of Obstetricians dan Gynaecologists memilih untuk tidak berkomentar tentang hal ini.

“ACOG tidak memiliki panduan tentang mengonsumsi plasenta karena hingga saat ini tidak ada data ilmiah nyata yang mendukungnya,” ujar Megan Christin, Director of Media Relations and Communications pada USA TODAY.

Sedangkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (PPPA) mengatakan bahwa mengonsumsi plasenta berbahaya bagi bayi baru lahir. Menurut dokumentasi Otoritas Kesehatan Oregon, terdapat kasus pada tahun 2016 lalu dimana terdapat bayi yang terserang bakteri Streptococcus akibat sang mama menelan pil plasenta yang terkontaminasi.

PPPA juga menyatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang memadai untuk mendukung klaim bahwa mengonsumsi plasenta paska melahirkan memberikan manfaat dan menyarankan untuk tidak meminum pil plasenta karena prosesnya tidak menghilangkan patogen berbahaya, seperti salmonella, yang dapat membuat Anda atau bayi sakit.

Christina and family.

Bintang “Christina on the Coast”, 36 tahun, dan pembawa acara televisi, Ant Anstead, 40 tahun, menyambut kelahiran Hudson dengan mengunggahnya di akun Instagram keduanya pada minggu pertama September, dan baby Hudson tampak baik-baik saja.

Selain Hudson, Christina sebelumnya juga telah dikarunai satu orang anak perempuan bernama Taylor, 9 tahun, dan seorang anak laki-laki bernama Brayden, 3 tahun, dengan mantan suaminya yang juga partnernya di acara “Flip or Flop”, Tarek El Moussa. Sama halnya dengan Christina, Ant juga memiliki seorang anak perempuan dan seorang anak laki-laki dari pernikahan pertamanya.

Bagaimana pendapat Anda tentang hal ini, mamas? (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Various)

Shares