Beauty & Style

Merawat Rambut Rontok Saat Hamil dan Paska Melahirkan

By  | 

Kerontokan rambut pada calon mama ataupun mama yang sedang menyusui, bila tak dirawat dengan baik maka kerontokan rambut bisa semakin parah.

Yes mamas, kerontokan rambut tentunya tak bisa didiamkan begitu saja. Lalu sejauh mana kerontokan rambut masih bisa dibilang wajar, dan yang seperti apakah yang sudah memerlukan tindakan?

“Kerontokan rambut sebanyak 50 – 100 helai per hari, masih dalam kategori normal,” terang dr. Rahma Evasari SpDV di sela-sela acara Sharing Moment “Hair Loss Treatment During and After Pregnancy” with Mylea beberapa waktu lalu.

Kerontokan rambut ini bisa mulai dialami mama di trimester pertama kehamilan. Hal tersebut dapat terjadi karena berbagai hal, seperti adanya stres atau ketidakseimbangan hormonal. Namun Hair loss after pregnancy hingga ulang tahun pertama Si Kecil menurut dokter Rahma sangat wajar dialami para mama.

Namun ketika kerontokan semakin banyak, hingga 300 helai per hari, maka mamas boleh mulai merasa khawatir. Rambut yang semakin menipis akibat kerontokan rambut yang terus menerus tentunya akan mengganggu penampilan dan rasa percaya diri Anda.

Pencegahan

Dokter Rahma mengatakan bahwa pencegahan dapat dilakukan apabila kita sudah mengetahui penyebab pasti dari kerontokan tersebut. namun secara umum, mamas dapat melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengurangi jumlah kerontokan rambut.

1.Diet yang sehat dan seimbang dengan makan sehat dan bervariasi (mengandung besi, protein, buah dan sayur segar).

2.Konsumsi suplemen yang dikhususkan untuk ibu menyusui.

3.Hindari menguncir terlalu kencang yang dapat menarik rambut.

4.Cuci rambut dengan lembut.

5.Gunakan sisir bergigi jarang.

6.Biarkan rambut beristirahat dengan stop curling irons, hot oil, etc.

Selain keenam hal di atas, hendaknya mamas juga menggunakan sampo dan produk perawatan rambut yang dapat menguatkan akar rambut namun tetap aman bagi calon mama dan breastfeeding mama.

Mylea

Mylea merupakan produk perawatan rambut rangkaian produk perawatan rambut dengan teknologi yang menggabungkan antara hair care (perawatan rambut) dan pharmaceutical (obat/nutrisi) yang
bertujuan untuk merawat kulit kepala serta akar rambut yang menjadi dasar rambut sehat dan kuat, serta aman bagi calon mama dan breastfeeding mama.

“Produk-produk Mylea silicon free, sehingga aman digunakan dalam jangka panjang,” terang Cah Ayu, Technical Hair Manager Mylea.

Rangkaian produk Mylea terdiri dari 3 step: Cleanse, Treatment, Rest. “Melalui 3 step ini perawatan yang maksimal dan menyeluruh pada kulit kepala dan rambut akan menjaga rambut Anda ¬†tetap sehat dan kuat. Sehingga masalah rambut seperti rontok, ketombe dan rambut stres terobati,” jelas Cah Ayu.

Acara yang bertempat di GoWork Menara Rajawali ini juga dihadiri oleh Influencer Mom, Faustina Soe. Disini ia turut sharing bagaimana ia menemui berbagai mitos tentang bagaimana merawat rambut setelah melahirkan. “Saya pernah mendengar tentang bahwa setelah melahirkan dilarang keramas selama emapt puluh hari. Bagi saya itu benar-benar disaster,” urainya.

“Saat hamil saya juga mengalami kondisi dimana rambut saya rontok lebih banyak daripada biasanya. Dan karena rambut saya panjang, saya juga merasa lebih sulit merawatnya,” lanjutnya.

“Salah satu trik yang saya lakukan untuk mengurangi kerontokan rambut adalah dengan menghindari penggunaan hairdryer secara langsung begitu selesai keramas. Saya memilih untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu menggunakan handuk hingga setengah kering, setelah itu saya keringkan kembali dengan hairdryer,” terang mama dari Luigi. (Tammy Febriani/KR/Photo & video: Doc. SmartMama.com)

Shares