Style

Melatih Keterampilan Si Kecil untuk Makan Sendiri

By  | 

Tahukah Anda mamas, bahwa bagi Si Kecil, makan adalah bagian dari keterampilan yang harus ia kuasai sebagai tahapan dari tumbuh kembangnya?

Untuk mendukung tumbuh kembangnya agar optimal, tentunya kebutuhan nutrisi anak haruslah terpenuhi. Kebutuhan ini dapat terpenuhi lewat makanan dan minuman yang ia konsumsi setiap harinya. Namun tentunya tak hanya sebatas itu saja mams, karena keterampilan anak juga harus dilatih. Termasuk salah satunya adalah keterampilan untuk makan sendiri.

Kegiatan makan ini melibatkan banyak kemampuan yang harus dikuasai anak lho, mams! Ada banyak tahapan yang harus ia lalui untuk bisa mengantarkan makanan sampai ke dalam mulutnya. Dimulai dari anak harus melihat makanannya, mengambil makanannya dengan tangan, kemudian membawanya sampai ke mulut, membuka mulutnya, mengunyah makanannya, hingga kemudian menelan makanan.

Selain mengembangkan motorik halusnya, makan juga melatih indera perasa serta mengembangkan kemampuan anak untuk bisa mandiri.

Tips Mengajarkan Anak Makan Sendiri

Saat Anda mulai mengenalkan Si Kecil dengan MPASI, ia mungkin sudah mulai menunjukkan keinginannya untuk makan sendiri. Saat Anda menyuapinya dengan sendok, ia mungkin juga ingin memegang sendok juga dan berusaha mengambi makanannya. Hal ini merupakan tanda – tanda dimana ia sudah bisa diajarkan makan sendiri. Lalui beberapa tahap berikut untuk melatihnya makan sendiri. Namun perlu Anda ingat, kesabaran Anda adalah kunci sukses Si Kecil untuk bisa makan sendiri.

1.Memberi finger food

Awali dengan memberi Si Kecil makanan yang bisa dipegangnya sendiri. Cara ini akan melatih bagaimana anak menggenggam makanan lalu membawa makanan sampai ke mulut dan memakannya. Beberapa makanan ini bisa menjadi pilihan finger food Si Kecil, seperti brokoli kukus, wortel kukus, kentang rebus, pepaya dipotong kecil dan sebagainya. Mamas bisa mencoba hal ini saat usia Si Kecil memasuki 8 bulan.

2.Mengenalkan anak peralatan makan

Setelah Si Kecil sudah bisa makan sendiri dengan finger food, mamas bisa mengenalkan Si Kecil untuk makan menggunakan sendok. Anda bisa memperkenalkan Si Kecil dengan sendok di usia sekitar 13-15 bulan.

Tetap sabar ya mamas saat melihat Si Kecil menjatuhkan makanannya hingga berantakan kemana-mana. Ingatlah bahwa kondisi yang melelahkan ini adalah bagian dari perkembangan anak.

Peralatan makan seperti sendok – garpu dan juga piring – mangkok makan Si Kecil, tentunya akan sangat membantu Si Kecil untuk mengenal seperti apa proses makan yang benar. Nah, ada satu lagi tools yang akan membantu anak untuk bisa makan dengan mandiri, yaitu baby chair. Dengan menggunakan baby chair, mamas bisa mengajak Si Kecil makan bersama dengan keluarga. Tentu saja melihat secara langsung seperti apa ‘makan yang benar’ dari anggota keluarga lainnya di meja makan, akan menjadi ilmu yang sangat penting bagi Si Kecil.

Yamatoya Sukusuku Plus

Yamatoya Sukusuku Plus merupakan baby chair yang terbuat dari kayu karet yang ringan tapi memiliki struktur yang kuat. Baby chair ini mampu menahan berat badan sampai dengan 60 kilogram! Jadi awet hingga Si Kecil lebih besar ya, mams.

Baby chair ini sangat aman digunakan oleh Si Kecil karena adanya rubber pada bagian kaki kursi guna menghindari slip di lantai, dan tersedia pengaman badan dan meja untuk makan anak.

Selain desainnya yang stylish,Si Kecil juga akan merasa nyaman saat duduk di atasnya. System knock down furniture pada baby chair ini juga memastikan kursi bayi ini mudah dirangkai.

Yamatoya Sukusuku Plus tersedia dalam 6 pilihan warna, yaitu natural, brown, dark brown, green, white, dan red (exclusive di mothercare). Mamas bisa membeli Yamatoya Sukusuku Plus di Mothercare dan di seluruh baby shop yang telah bekerja sama dengan Yamatoya. Mamas juga bisa membeli Yamatoya Sukusuku Plus  secara online disini.

Wednesday Giveaway Yamatoya Sukusuku Plus

Mamas juga bisa lho, mendapatkan baby chair Suku-suku Plus senilai Rp. 1.800.000,- ini dari Yamatoya! Caranya, yuk ikutan sharing di Wednesday Givesaway minggu ini!

Jawab di kolom comments tentang bagaimana trik mamas untuk melatih kemandirian Si Kecil dalam hal makan. Dua orang mama yang terpilih sebagai pemenang, akan diumumkan pada hari Minggu, tanggal 11 Agustus 2019 di Instagram stories @thesmartmamas. Goodluck, mamas! (Tammy Febriani/YA/ Photo: Doc. Yamatoya)

Shares