Health

Pentingnya Penggunaan Car Seat Bagi Si Kecil

By  | 

Bagi mamas yang seringkali bepergian dengan Si Kecil, faktor keamanan sangat penting untuk diperhatikan. Karena itu penggunaan car seat bisa dibilang adalah hal yang wajib dilakukan.

Untuk segi keamanan sekaligus kenyamanan Si Kecil, penggunaan car seat ini sangat penting lho mams, setidaknya sampai Si Kecil berusia 7 tahun. Sebagian besar negara telah memiliki undang-undang yang mewajibkan bagi anak untuk menggunakan car seat sampai mereka mencapai ketinggian atau berat tertentu. Hal ini menjadi perhatian pemerintah karena tingginya kecelakaan yang melibatkan anak sebagai korbannya akibat tidak menggunakan car seat.

Walau begitu, memilih car seat juga tak bisa sembarangan ya, mams. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Kriteria Memilih Car Seat

Ada beberapa hal yang perlu mamas pahami saat memilih car seat, yaitu adalah:

1.Pilih car seat sesuai usia dan berat anak

-Kategori grup 0, yaitu untuk anak usia 6-9 bulan dengan berat mencapai 10 kg.

-Kategori grup 0 plus, yaitu untuk anak usia 9-15 bulan dengan berat mencapai 13 kg.

-Kategori grup 1, yaitu untuk anak usia 9 bulan hingga 4 tahun dengan berat sekitar 9 hingga 18 kg.

-Kategori grup 2, yaitu untuk anak usia 4-6 tahun dengan berat sekitar 15 hingga 25 kg.

-Kategori grup 3, yaitu untuk anak usia 6-11 tahun dengan berat sekitar 22 hingga 36 kg.

2.Tentukan jenis car seat yang sesuai untuk anak

– Car seat yang menghadap ke belakang direkomendasikan untuk bayi di bawah 15 bulan. Tujuannya, untuk melindungi leher bayi dari tekanan air bag yang menggembung bila terjadi kecelakaan.

– Car seat yang menghadap ke depan digunakan bagi bayi dengan berat 9 hingga 18 kg (nomor kursi kategori 1).

– Car seat kombinasi dapat diubah dan disesuaikan dengan pertumbuhan anak. Khususnya untuk kursi kategori 1, 2, dan 3. Car seat ini bisa dihadapkan ke belakang atau ke depan.

– Car seat booster merupakan kursi dengan sandaran tinggi di bagian punggung. Biasanya kursi ini digunakan untuk anak yang lebih besar, yaitu beratnya lebih dari 15 kg atau lebih dari usia 4 tahun..

3.Kualitas car seat.

Pastikan car seat tersebut terbuat dari material berkualitas dengan standar keamanan yang baik. Termasuk diantaranya seat belt.

Maxi Cosi Titan Car Seat

Car Seat Maxi-Cosi Titan ini sangat awet mamas, karena terbuat dari material berkualitas dan dapat digunakan oleh Si Kecil sejak usia 9 bulan hingga 12 tahun!

Si Kecil akan merasa nyaman duduk di car seat ini, karena posisi duduknya bisa disesuaikan hingga 5 posisi, yaitu dari duduk tegak hingga posisi tidur. Headrest Maxi-Cosi Titan bisa diseuaikan ketinggiannya dengan kepala Si Kecil. Car seat ini juga memiliki padding yang nyaman dan inlay yang empuk sehingga memberikan kenyamanan ekstra bagi Si Kecil saat duduk di dalamnya.

Car Seat Maxi-Cosi Titan dengan built in Isofix Base ini sangat aman dan merupakan car seat yang pertama kali menggunakan tali pengaman 5 titik untuk mengamankan bayi mungil mama. Saat Si Kecil sudah lebih besar, yaitu usia 4 – 9 tahun, mamas bisa mengubah car seat ini menjadi booster seat dengan sabuk pengaman mobil 3 titik. Koneksi Isofix dengan top tether-nya akan menjaga car seat tidak bergeser dan tetap stabil berada di tempatnya selama mobil sedang berjalan.

Di Wednesday Giveaway minggu ini, kami ingin mengajak mamas untuk sharing tentang kriteria car seat pilihan mamas. Jawab di kolom comments ya, mams! 1 orang mamas yang beruntung akan mendapatkan 1 buah car seat Maxi-Cosi Cabriofix. Pemenang akan diumumkan pada hari Minggu, tanggal 7 Juli 2019, di Instagram stories @thesmartmamas. (Tammy Febriani/YA/Photo: Doc. Maxi-Cosi)

Shares