Mind

Ajari Si Kecil Konsep #ZeroWaste, yuk!

By  | 

Fakta bahwa Indonesia masuk dalam peringkat kedua setelah China dalam hal sampah plastik di perairan yang mencapai 187,2 juta ton (Jambeck Reasearch Group) menggugah kita untuk mengenalkan konsep #ZeroWaste kepada anak – anak. Tapi, bagaimana caranya?

Konsep Zero Waste merupakan salah satu proses meminimalisir sampah dalam kehidupan sehari – hari, salah satunya dengan menerapkan prinsip 3 R (Reduce, Reuse, Recycle).

Reduce

Aksi ini dapat dilakukan dengan membeli barang – barang yang tahan lama, atau membantu mengurangi penggunaan plastik dan menyebabkan sampah. Misalnya membawa sendiri tas belanja untuk grocery shopping; Memanfaatkan sedotan bambu daripada plastik; Membawa kotak bekal sendiri; Membeli barang – barang tanpa packaging; atau meminjam barang yang tidak akan sering dipakai.

Reuse

Menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Misal, kotak penyimpanan barang sebagai storage box.

Recycle

Mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat. Mamas bisa mulai ajarkan Si Kecil membuat craft dari barang – barang bekas (Baca juga: Kreasi DIY Craft for Kids) atau mendonasikan barang – barang yang sudah tidak terpakai untuk orang lain sehingga bermanfaat.

World Wild Fund for Nature (WWF) menyatakan bahwa di dunia, saat ini diperkirakan ada 500 juta hingga 1 miliar kantong plastik yang digunakan dalam kurun waktu 1 tahun. Jika kita dapat melakukan sesuatu untuk menguranginya, kenapa tidak? (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares