Education

Adakah Hubungan Antara Speech Delay dengan Disleksia?

By  | 

Disleksia merupakan salah satu bentuk kesulitan belajar spesifik yang tersering, khususnya pada area membaca. Penyebabnya bukan disebabkan kurangnya motivasi belajar melainkan karena gangguan pada sistem saraf pusat yang memengaruhi persepsi visual anak terhadap objek huruf, angka, atau kata. Nah, pertanyaannya, adakah hubungan antara gangguan belajar ini dengan keterlambatan bicara?

Psikolog Cecilia Sinaga, M.Psi menjawab pertanyaan diatas, “Tidak ada kaitan antara speech delayed dengan disleksia.”

Secara visual disleksia terjadi karena informasi yang ditangkap salah/berbeda. Biasanya anak dengan disleksia harus belajar dengan cara khusus, misalnya bantuan pedagog utk membantu anak belajar menulis dan membaca.

Tidak ada perbedaan pola asuh yang sebaiknya diterapkan, hanya sistem belajarnya saja yang perlu lebih dilatih kembali, dan biasanya akan jauh lebih intens karena membutuhkan fokus dan waktu yang lebih lama. (Baca juga: Mengenal Disleksia Pada Anak)

Lalu bagaimana dengan speech delay?

Istilah speech delay terjadi ketika Si Kecil belum mampu memahami pembicaraan orang lain pada usia 10-15 bulan dan mengucapkan empat sampai 6 kata pada usia 11-20 bulan.

Cara mengatasinya adalah dengan lebih sering mengajaknya berkomunikasi melalui berbagai sumber, seperti buku bergambar. Stimulasi dua arah akan memberikan hasil maksimal, dan jangan lupa membatasi penggunaan gadget untuk mengoptimalkan kemampuan berbicara anak. (Baca juga: Yang Harus Dilakukan Jika Si Kecil Mengalami Speech Delay) (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares