Health

Perkembangan Janin Anda di Trimester Dua

By  | 

Setelah melewati trimester pertama & mengetahui pertumbuhannya (Baca juga: Perkembangan Janin Anda di Trimester Pertama), yuk cari tahu apa saja yang terjadi dalam kandungan selama tiga bulan berikutnya?

Bulan 4

Selain pertumbuhan tulang yang berkembang pesat, di masa ini alat reproduksi akan mulai terbentuk. Janin laki-laki biasanya sudah mulai memiliki prostat sementara janin perempuan sudah mulai menampakkan folikel dalam ovarium. Panjang dan berat janin mencapai  116 mm dan berat sekitar 100 gram. Menjadi alasan utama mengapa mamas to be sudah bisa memeriksa jenis kelamin saat melakukan USG, meskipun belum terlihat jelas.

Bagian wajah sudah mulai terbentuk, lengkap dengan rambut yang mulai tumbuh, mulutnya juga sudah bisa menghisap secara perlahan.

Bulan 5

Di bulan ini, janin mulai diselimuti lapisan putih yang akan melindungi dirinya dari cairan ketuban selama berada di dalam kandungan. Panjang janin mencapai 250 mm dengan pertumbuhan rambut di area tubuh semakin cepat. Otot – otot tubuh semakin kuat, mamas to be akan semakin sering merasakan pergerakan janin mulai bulan ini.

Bulan 6

Rangsangan yang diberikan kepada janin akan lebih terasa di bulan ini, terlihat melalui respon yang Ia berikan saat didengarkan dengan musik atau diajak berkomunikasi. Secara struktur tubuh, bagian kelopak mata mulai terbentuk dengan sempurna, lengkap dengan jari – jari tangan dan kaki. Panjang janin umumnya sekitar 360 mm dengan berat 875 gram.

Nutrisi untuk dipenuhi

Magnesium. Konsumsinya penting untuk pembentukan otot-otot, termasuk otot rahim, terdapat pada sayuran hijau, kacang, kacang kedelai, melon, dan gandum.

Vitamin B12. Vitamin ini penting untuk syaraf. Walaupun jumlah yang dibutuhkan tidak banyak, kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan anemia dan kerusakan syaraf. Konsumsi daging merah dan kacang kedelai dalam jumlah cukup setiap harinya, ya!

Vitamin D & Asam folat. Seperti yang sudah mamas ketahui, selama tiga bulan ini, pertumbuhan tulang dan otot tubuhnya akan berjalan dengan cepat dan sempurna. Konsumsi produk olahan susu, paparan sinar matahari dan asam folat melalui multivitamin dapat membantu menyempurnakan pertumbuhannya. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares