Recipe

Resep: Carrot Cake

By  | 

Untuk Si Kecil yang tak suka sayuran, camilan yang satu ini bisa jadi alternatif bagi Mamas untuk menyelipkan wortel ke dalam menu makanannya.

Bahan-Bahan:

450 gram wortel, serut kasar

390 gram tepung terigu protein sedang

150 gram brown sugar

250 ml minyak sayur

150 gram gula pasir

5 butir telur

2 sdt vanilla extract

2 sdt kayu manis bubuk

1/2 sdt cengkeh bubuk

2 sdt garam

2 sdt baking powder

1 sdt baking soda

Bahan Frosting:

200 gram cream cheese, potong kubus

150 gram mentega

250 gram gula bubuk, ayak

2 sdt vanilla extract

1 sdt garam

Bahan pengoles loyang:

– 1 sendok makan tepung terigu

– 1 sendok makan mentega

– 1 sendok makan minyak sayur

Cara Membuat:

•Siapkan 2 buah Loyang berdiamater 20 cm yang permukaanya telah diolesi dengan bahan pengoles yang telah dicampur menjadi satu. Sisihkan.

•Panaskan oven api atas dan bawah dengan suhu 170’C.

•Masukkan tepung terigu, kayu manis, cengkeh bubuk, garam, baking powder dan baking soda ke dalam mangkuk. Aduk rata, sisihkan.

•Campur menggunakan mixer, minyak sayur, gula pasir dan brown sugar. Kocok dengan kecepatan sedang hingga adonan rata.

•Kemudian masukkan telur satu persatu kedalam adonan dengan mixer tetap menyala dalam kecepatan sedang. Campur hingga adonan kental, dan lembut lalu tambahkan vanilla extract sambil terus diaduk hingga rata. Matikan mixer.

•Masukkan campuran tepung dengan cara diayak langsung diatas adonan sambil diaduk menggunakan spatula secara perlahan, hingga adonan tercampur dengan baik. Sebagai catatatn, jangan mengaduk secara berlebihan ya, Mamas! Jika adonan sudah terlihat rata, segera hentikan mengaduk.

•Selanjutnya, masukkan wortel yang telah diserut sambil diaduk menggunakan spatula hingga tercampur rata. Bagi adonan kedalam 2 buah loyang dengan porsi adonan yang sama.

•Panggang selama 45 menit hingga matang. Mamas juga bisa mengetahui tingkat kematangan cake dengan menusukkan lidi di bagian tengah cake. Jika Mamas mendapati tidak ada adonan yang menempel di lidi, maka cake telah matang.

•Angkat cake yang telah matang lalu diamkan selama 10 menit agar uap panasnya hilang. Lalu keluarkan cake dari loyang dan biarkan hingga benar-benar dingin.

•Setelah dingin, letakkan cake di atas piring saji lalu olesi permukaanya dengan frosting. Kemudian, tumpuk bagian atas cake tadi dengan cake lainnya lalu kembali olesi permukaannya dengan frosting. Taburi permukaannya dengan cincangan almond, cokelat bubuk atau parutan keju, atau toping lainnya sesuai selera Anda.

Cara Membuat Frosting:

•Masukkan cream cheese dan mentega lalu kocok menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga menjadi adonan yang halus. Masukkan vanilla extract dan garam, kemudian kocok hingga rata.

•Setelah adonan rata, turunkan kecepatan mixer menjadi rendah, lalu masukkan setengah porsi gula bubuk, kocok hingga tercampur rata. Tambahkan sisa gula dan kocok hingga tercampur rata lalu naikkan kecepatan menjadi sedang dan kocok hingga lembut. Bila Mamas mendapati adonan ternyata terlalu pekat, maka Mamas bisa menambahkan 1 atau 2 sendok makan susu cair. Namun bila sebaliknya, tambahkan gula bubuk untuk mengentalkan adonan yang terlalu cair. Selamat mencoba! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares