Mind

Kini, Taj Mahal Memiliki Ruang Menyusui untuk Pengunjungnya

By  | 

Salah satu monumen kebudayaan yang masuk dalam daftar UNESCO sebagai salah satu keajaiban dunia yang terletak di India, Taj Mahal, kini tengah mempersiapkan fasilitas yang ramah bagi breastfeeding mama.

Inisiatif ini berawal dari keprihatinan Vasant Kumar Swarnkar, salah satu member Archeological Survey of India (ASI) yang menyaksikan pengunjung yang kesulitan mendapatkan ruang privat untuk menyusui bayinya kala berkunjung ke Taj Mahal.

“Saya melihatnya menyusui bayi di tangga dan suaminya terlihat menutupi aktivitas tersebut dengan menggunakan kain. Kondisi tersebut terlihat sangat sulit bagi mereka,” ungkapnya pada Thomson Reuters Foundation.

Di India, masih sering tercetus stigma mengenai para mama yang seharusnya selalu mengenakan pakaian serba tertutup sepanjang hari, terutama di area publik. Sehingga sulit bagi mereka untuk dapat menyusui anaknya kapan saja, dimana saja.

Menurut Swarnkar, Taj Mahal menarik perhatian 8 juta pengunjung secara rutin dan membutuhkan solusi untuk hal ini. Ia berharap, akan ada lebih banyak lagi monumen kebudayaan/sejarah di India yang dapat lebih ramah kepada kebutuhan para mama dengan menyediakan ruang menyusui. Mengingat Taj Mahal merupakan monumen India pertama yang akan menyiapkan ruangan ini mulai bulan Juni 2019. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares