Sediakan Makanan Bernutrisi untuk Menu Sahur dan Berbuka Si Kecil

By  | 

Makanan bernutrisi akan mendukung tumbuh kembang Si Kecil dengan optimal. Terlebih saat ia sedang berpuasa, memenuhi kebutuhan nutrisinya harus menjadi prioritas Anda.

Mams, sudahkah Anda mengenalkan ibadah puasa pada Si Kecil? Ibadah puasa perlu diperkenalkan kepada anak sejak dini. Selain membantu anak untuk memahami tujuan dan manfaat puasa, juga agar anak sudah terbiasa menjalankan ibadah puasa sejak kecil hinga dewasa nanti.

Walau begitu, jangan sampai puasa membuat anak kekurangan gizi karena kita tidak memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya. Karena itu, yuk kita sediakan 6 nutrisi berikut ini dalam menu sahur dan berbuka Si Kecil!

1.Protein

Makanan kaya protein berfungsi membangun, membentuk, dan memperbaiki jaringan tubuh Si Kecil. Oleh karena itu, protein sangat diperlukan anak dalam masa pertumbuhan. Sediakan makanan tinggi protein di setiap menu sahur dan berbuka anak.

Sumber protein dikategorikan menjadi dua, yaitu protein nabati dan protein hewani. Protein hewani mengandung asam amino esensial yang lebih lengkap dan lebih banyak daripada protein nabati. Sumber protein nabati adalah kacang-kacangan termasuk tempe, tahu, kacang kedelai, dan kacang tanah. Sedangkan sumber protein hewani antara lain daging sapi, daging ayam, ikan, telur, dan susu.

2.Kalsium

Tak hanya berperan penting terhadap pertumbuhan tulang anak, kalsium juga bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan fungsi otot dan saraf, membekukan darah, dan mempertahankan detak jantung normal. Kalsium bisa didapat anak dari mengonsumsi susu, keju, yoghurt, brokoli, dan tofu.

3.Zat Besi

Sumber zat besi terbaik tersedia dalam daging-dagingan, ayam, dan ikan. Zat besi juga tersedia pada sayuran hijau seperti bayam contohnya.

Zat besi ini dibutuhkan anak untuk perkembangan struktur dan fungsi otak, membangun sel-sel darah merah, dan membantu pengangkutan oksigen ke sel-sel dalam tubuh.

4. Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang berperan penting dalam perkembangan dan kinerja berbagai organ tubuh seperti mata, kulit, pertumbuhan, dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini dapat ditemukan dalam berbagai bahan makanan seperti hati, susu, keju, yoghurt, telur, melon, mangga, bayam, wortel, dan minyak ikan laut.

5. Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat adalah vitamin yang dibutuhkan oleh anak untuk menghasilkan zat yang disebut kolagen. Kolagen sangat penting untuk menjaga kesehatan serta perbaikan pada tulang rawan, gigi, tulang, dan kulit. Vitamin C bisa didapat dari sebagian besar buah-buahan dan sayuran, seperti jeruk, tomat, kiwi, stroberi, lemon, nanas, pepaya, brokoli, cabai, kentang, dan paprika.

6. Vitamin E

Vitamin E adalah mempunyai efek antioksidan yang penting untuk fungsi dan perkembangan tubuh, serta berpengaruh penting dalam kekuatan sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan sel, kesehatan mata, dan kesehatan kulit.

Vitamin E banyak terdapat pada bayam, bayam, kacang pinus, kacang almond, paprika merah, dan biji bunga matahari. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares