Health

Si Balita Batuk – Pilek Berulang, Wajarkah?

By  | 

Q: Hai SmartMama dan dr. Ursula,

Saya mama dari seorang balita berusia 4 tahun. Saat ini saya mulai khawatir dengan kesehatan Si Kecil. Ia termasuk sering terserang peyakit batuk dan pilek. Apalagi ketika ia sudah masuk sekolah. Dalam sebulan, ia bisa dua kali mengalaminya. Apakah ini umum terjadi pada anak balita?

Dewi, 30 tahun, mama dari Arka, 4 tahun.

dr. Ursula Yudith Sawitri, Sp, THT-KL

RS. National Hospital – Surabaya

A: Dear Mama Dewi,

Perlu Anda ketahui, penyakit batuk pilek bisa disebabkan oleh banyak hal seperti alergi, infeksi baik infeksi virus (common cold) maupun bakterial. Karena penyebabnya bisa bermacam-macam, maka pendekatan yang dibutuhkan juga berbeda, baik untuk pencegahan maupun terapi.

Pada balita, ada hal khusus yang perlu diperhatikan karena imunitasnya juga belum sebaik orang dewasa. Demikian juga pada balita usia 4 tahun yang sudah mulai memasuki usia sekolah, dimana kontak dengan dunia luar , bersosialisasi dengan teman atau orang lain semakin sering, sehingga risiko tertular penyakit akan lebih tinggi.

Untuk mengetahui lebih jauh apakah Si Kecil sering terserang batuk pilek karena ia mengalami alergi atau penyebab lainnya, sebaiknya mama
berkonsultasi dengan dokter anak Si Kecil. Setelah mengetahui penyebabnya, maka dokter akan dapat menentukan pengobatan apa yang tepat untuk penyakit Si Kecil, termasuk menjelaskan bagaimana mencegahnya agar tak lagi sering terulang di kemudian hari. (dr. Ursula Yudith Sawitri, Sp, THT-KL/Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com, dr. Ursula)

Shares