Health

6 Cara Redakan Sakit Punggung Setelah Alami Hari yang Melelahkan

By  | 

Lelah beraktivitas kerap membuat para mamas mengalami nyeri di bagian punggung. Hal tersebut wajar saja terjadi pada Anda, pasalnya banyak sekali kan yang harus Anda lakukan. Mulai dari mengurus anak, suami, bekerja dan banyak juga mamas yang harus membawa kendaraan sendiri. Jangan khawatir, Mamas, atasi sakit punggung akibat kelelahan tersebut dengan enam cara berikut.

  1. Tidur berkualitas dengan posisi miring. Tidur yang nyenyak memang dapat membuat otot punggung Anda lebih relaks. Pilih posisi tidur miring, serta permukaan kasur yang rata dan agak kaku atau keras. Permukaan kasur yang tidak rata justru akan membuat sakit punggung yang Anda rasakan semakin parah. Dan Mams, ternyata menggunakan guling juga dapat membuat tidur Anda kian nyenyak.
  2. Latihan ringan. Senam ringan seperti gerakan stretching yang dapat melemaskan otot punggung juga dapat menjadi alternatif meredakan back pain. Bahkan gerakan senam dapat Anda lakukan untuk mencegah back pain. Oleh sebab itu, tak ada salahnya Anda melakukan latihan ringan secara rutin.
  3. Berenang. Saat lelah mungkin awalnya Anda akan merasa malas melakukan aktivitas ini. Tetapi percaya atau tidak, beberapa penelitian mengatakan olahraga yang satu ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang menderita back pain. Tak perlu berenang terlalu lama, Mams, 30-40 menit saja sudah cukup untuk meringankan back pain Anda.
  4. Kompres air panas. Suhu panas dipercaya dapat melemaskan otot yang kaku. Ambil handuk kecil yang telah diberi air hangat, lalu letakkan di area punggung hingga pinggang. Anda juga dapat menggunakan kompres yang terbuat dari karet.
  5. Berendam. Berendam dalam buth tub atau whirlpool juga dapat mengatasi otot yang lelah. Tambahkan garam mandi di dalam bak air hangat kemudian berendamlah dengan relaks. Sakit punggung pun mereda.
  6. Kunjungi dokter. Jika rasa sakit yang Anda derita tidak juga menghilang, padahal Anda telah mencoba berbagai hal, maka kunjungi dokter langganan Anda ya, Mams. Biasanya dokter akan memberikan pain killer agar sakit punggung yang Anda derita dapat hilang. Namun jika kasus back pain Anda cukup serius, maka dokter akan memberikan serangkaian terapi. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares