Health

Agar Si Kecil Tidak Pilah – Pilih Asupan

By  | 

Memenuhi kebutuhan nutrisi bagi anak usia 1 tahun bisa dibilang gampang-gampang susah ya, mams? Gampang karena sudah banyak jenis makanan dan minuman yang bisa ia konsumsi, namun akan menjadi sulit jika Si Kecil cenderung pilah – pilih asupan, baik makanan (picky eater) maupun minuman.

Si Kecil yang sudah mengenal rasa, seringkali juga akan lebih memilih makanan dan minuman yang manis-manis atau camilan, dibandingkan makanan dan minuman sehat bernutrisi seimbang yang sangat baik untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Mengatasi Si Kecil yang Pemilih

Jangan khawatir mamas, ada kok caranya untuk menyiasati agar anak mau mengonsumsi asupan bernutrisi seimbang. Yuk, awali dengan beberapa cara berikut ini:

1.Beri contoh

Tentunya, sebagai orangtua, kita adalah role model Si Kecil. Ia akan mencontoh tingkah laku kita, termasuk pola makan kita. Oleh karena itu kita harus memberi contoh langsung pada Si Kecil dengan mengonsumsi asupan yang bernutrisi. Selain itu, sebaiknya waktu makan anak sama dengan waktu makan keluarga dan pastikan menu yang dikonsumsi anak sama dengan yang dikonsumsi orang tua.

2. Jadwal Makan

Terkadang Si Kecil meminta makanan meski mereka belum lapar. Menghadapi hali ini, Cobalah untuk mengalihkan perhatian mereka dengan hal lain agar anak tidak terus-menerus makan. Sehingga di saat waktu makan yang seharusnya, Si Kecil akan makan dengan lahap dan cenderung akan lebih menerima pilihan makanan yang disajikan sang mama saat ia sedang lapar.

3. Variasi Asupan

Berikan anak dengan asupan yang lebih bervariasi agar ia tidak cepat bosan dan bisa mengenal jenis makanan baru. Tidak melulu memberinya ayam tapi juga ikan. Atau menyajikan jus buah selain susu uht.

4. Suguhkan dengan tampilan yang menarik perhatian anak

Makanan dan minuman dengan tampilan yang unik akan menarik perhatiannya untuk mencicipi. Selain makanan atau minumannya, mamas juga bisa menyuguhkan makanan dan minuman tersebut menggunakan perlengkapan makan – minum yang menarik.

5. Libatkan anak

Melibatkan Si Satu Tahun untuk ikut menyiapkan makan keluarga tentu masih sulit. Namun di usianya sekarang ini, mamas bisa melibatkan anak dalam proses ini. Jangan melarangnya saat ia ingin makan atau minum sendiri langsung dari gelas minumnya. Memang sih akan berantakan, namun cara ini diharapkan akan membuat Si Kecil lebih tertarik untuk menghabiskan makanan atau minumannya.

Nuby Monster

Nuby merupakan perlengkapan makan – minum anak yang terbuat dari material aman dan berkualitas, serta BPA free.

Ketika Si Kecil mulai menunjukkan minat untuk makan sendiri, memiliki peralatan yang tepat adalah suatu keharusan! Aksesoris makan Nuby dibuat untuk memudahkan mamas dalam menghadapi tantangan ini. Desainnya yang menarik dengan warna – warni cerahnya, Nuby monster ini sangat ideal untuk Si Kecil yang mulai belajar makan sendiri.


Desain Nuby Monster memastikan makanan dan minuman di dalamnya tidak mudah tumpah dan berantakan, serta mudah digenggam oleh Si Kecil. Proses makan Si Kecil pun jadi lebih menyenangkan.

Dengan menggunakan Nuby Monster, diharapkan Si Kecil akan lebih tertarik untuk makan atau minum apapun yang disuguhkan oleh Anda, mamas.

Nah, di Wednesday Giveaway minggu ini, kami ingin mengajak para mamas untuk sharing bagaimana trik mamas dalam menghadapi Si Kecil yang picky.


Caranya, jawab di kolom comments ya, mams! 3 orang mama yang beruntung akan mendapatkan paket menarik dari Nuby Monster. Pemenang akan diumumkan pada hari Minggu, tanggal 31 Maret 2019 di Instagram stories @thesmartmamas. Happy sharing! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Nuby Monster)

Shares