Finance

Trik Tetap Hemat Listrik Walau Menggunakan AC

By  | 

Tinggal di Indonesia yang merupakan daerah tropis, membuat kita tak bisa jauh dengan yang namanya air conditioner (AC). Walau mungkin tak semua ruangan di rumah Anda menggunakan AC, tapi setidaknya minimal ada 1 buah AC di rumah Anda bukan, Mams?

Meski penggunaan AC dalam ruangan dapat menciptakan udara sejuk dan nyaman, namun tentunya itu juga berpengaruh pada tagihan listrik di rumah. Apalagi beberapa waktu terakhir ini biaya listrik naik. Tentunya, Mamas dan keluarga harus lebih smart dalam menggunakan listrik, khususnya AC yang setidaknya berkontribusi sebanyak 40-60% dari total tagihan listrik. Selain lebih hemat dalam biaya, Anda dan keluarga juga akan hemat energi dan cinta lingkungan.

 

Woman Checking Air Conditioner

 

Bagaimana caranya? Simak tip nya berikut ini:

1. Matikan AC jika ruangan tidak digunakan.

2. Rutin bersihkan AC secara berkala.

3. Sesuaikan suhu AC dengan kebutuhan Anda, karena semakin dingin suhu AC, semakin besar pula daya listrik yang digunakan.

4. Pastikan setiap ruang di kediaman Anda yang menggunakan AC dalam keadaan tertutup rapat tanpa adanya ventilasi yang terbuka. Karena, AC Anda akan bekerja lebih keras agar suhu ruangan yang diinginkan dapat tercapai.

5. Hindari meletakkan alat elektronik berdekatan (seperti dibawah AC misalnya) dengan tempat terpasangnya AC.

6. Beli AC yang hemat energi, misalnya AC dengan teknologi inverter. Apa itu Teknologi Inverter? Pada AC biasa, kompresor pada AC akan menyala dan mati berulangkali untuk menjaga tingkat kesejukannya sehingga memakan lebih banyak daya listrik. Sedangkan teknologi inverter pada AC membuat kompresor AC bekerja terus namun dengan kecepatan yang dinamis, menyesuaikan kebutuhan penggunaan dan mampu mempertahankan suhu ruang yang Anda inginkan. Dengan begitu, Anda jadi bisa lebih hemat listrik. (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares