Mind

6 Hal yang Dirasakan Calon Papa Tentang Kehamilan

By  | 

Mamas to be, saat mendengar kabar kehamilan, tentu saja Anda merasa sangat excited, begitu juga dengan pasangan. Tetapi apakah Anda benar-benar tahu apa yang dirasakan suami mengenai kehamilan Anda? Ternyata enam hal ini yang mereka rasakan.

  1. “Kami juga emosional!” Yes Mams, tak hanya Anda yang menjadi emosional akibat perubahan tersebut, Si Dia juga lho. Memang sih mereka tidak merasakan berbagai perubahan hormon yang kerap membuat calon mama emosional, tetapi banyak pertanyaan yang memenuhi benak mereka, seperti ‘apakah saya akan jadi papa yang baik?’ Nah hal seperti itu membuat pasangan menjadi emosional.
  2. “Kami merasa useless.” Menghadapi Anda yang kerap mengalami hal tidak enak seperti mual dan muntah, juga pegal-pegal juga tidak mudah bagi pasangan. Pasalnya hal tersebut tidak dapat dicegah dan ia tidak tahu bagaimana cara mengurangi penderitaan Anda. Ditambah lagi, ia juga tidak dapat merasakan kehadiran Si Kecil yang tumbuh dalam rahim Anda. Hal ini kerap membuat para calon papa merasa useless.
  3. “Kami tidak tahu bagaimana cara mengatasi mood swing wanita hamil.” Pernah melihat pasangan kebingungan atau bahkan menghindar kala Anda tengah emosional? Pasti Anda kesal ya, bukannya memanjakan atau melayani emosi Anda, Si Dia malahan menghindar. Tetapi jangan kesal dulu, hal tersebut dilakukan karena ia benar-benar tidak tahu cara menghadapi mood swing Anda yang terkadang tampak berlebihan.
  4. “Ngidam wanita hamil benar-benar membuat kami kewalahan.” Nah yang satu ini sudah pasti membuat bingung kaum pria karena saat hamil wanita kerap ngidam hal yang sangat spesifik, contohnya bubur ayam Bapak X, nah jika saat pulang kerja pasangan membawakan bubur ayam yang lain, sudah pasti Anda merasa kecewa, bahkan hingga menangis segala. Padahal bisa jadi ia membeli bubur ayam lain karena kedai Bapak X sedang tutup. Kalau sudah begini tentu saja ia merasa semakin bingung dan sedikit kesal.
  5. “Kami betul-betul berusaha keras untuk meringankan beban calon mama.” Tentu saja pasangan paham betul, Anda adalah orang yang paling merasakan kesulitan dalam rangka menyambut kehadiran anak kalian berdua. Anda yang harus mengandung selama sembilan bulan dan harus mengalami perubahan hormon maupun bentuk tubuh. Oleh karena itu, ia betul-betul berusaha untuk meringankan beban Anda kok.
  6. “Kami sangat takut menghadapi proses persalinan.” Nah yang satu ini juga kerap menghantui calon papa lho, selain cemas harus mendampingi Anda di ruang persalinan, ia juga kerap merasa cemas apakah Anda dan Si Bayi akan baik-baik saja.

Jadi Mams, bukan hanya Anda kok satu-satunya orang yang harus berhadapan dengan berbagai perubahan dalam hidup kala mengandung Si Kecil. Suami juga merasakan hal yang sama, namun dalam bentuk yang berbeda. Saling membantu dan memahami perasaan masing-masing akan membuat kehamilan Anda berjalan lancar hingga proses persalinan nanti. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares