Health

Candidiasis, Jamur yang Mengganggu Si Kecil

By  | 

Pernahkah anda mendengar Candidiasis, Mams? Bila Mamas pernah mendapati adanya bercak putih pada mulut bayi, kemungkinan Si Kecil mengalami Candidiasis.

Candidiasis ini disebabkan tumbuhnya jamur yang disebut Candida Albicans. Candida Albicans adalah jamur normal yang berada pada mulut, usus, dan genitalia yang merupakan daerah yang lembap. Walaupun termasuk dalam kategori normal, namun terkadang jamur ini dapat tumbuh secara berlebihan sehingga kemudian terlihat seperti bercak-bercak keputihan. Dan ini dapat mengganggu kesehatan bayi Mamas.

 

Little baby girl with her mother

 

Gejala Candidiasis

Si Kecil yang terserang jamur Candida di area mulutnya akan menampakkan gejala lesi putih atau krem pada lidah, langit-langit mulut, gusi, pipi bagian dalam, dan juga pada amandel. Lesi ini tidak akan menghilang begitu saja dan bahkan dapat bertahan lama hingga berminggu-minggu.

Kondisi ini tentunya membuat bayi mengalami kesulitan makan dan menjadi rewel. Bahkan, ia pun dapat menularkan infeksi ini pada Anda selama ia menyusui.

Bagaimana Mencegahnya?

Untuk mencegah Si Kecil mengalami kondisi ini, Mamas bisa mencegahnya dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Jaga kebersihan payudara.

Biasakan untuk selalu membersihkan puting payudara sebelum Anda menyusui bayi. Caranya cukup mudah, Mamas hanya perlu membasuh area puting dan bagian lain payudara sampai bersih dengan handuk hangat.

2. Cuci tangan.

Selalu biasakan mencuci tangan menggunakan sabun setelah BAK dan BAB. Apalagi ketika akan menyentuh bayi.

3. Perlengkapan bayi selalu steril.

Steril dot bayi dan peralatan makan minumnya sebelum dan sesudah digunakan.

4. Selalu higienis.

Perhatikan kebersihan mainan bayi dan barang lainnya yang sering dimasukkan ke dalam mulutnya.

Bila bayi sudah terlanjur mengalami Candidiasis, konsultasikan pada dokter anak Si Kecil untuk perawatan yang terbaik. (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares