Finance

Berhemat Saat Berlibur? Ini Tip Mudahnya

By  | 

Siapa sih yang tidak suka liburan? Selain dapat membuat Anda lebih relaks setelah berbulan-bulan melakukan berbagai aktivitas, berlibur juga bisa menjadi sarana meningkatkan bonding time dengan pasangan dan Si Kecil. Nah, setelah Anda mengetahui bagaimana cara merencanakan dana liburan (Baca : Cara Menyisihkan Dana Liburan), it’s time to holiday, yeay! Nah, di mana pun destinasi liburan Anda, baik di dalam negeri maupun luar negeri, Anda juga tetap bisa berhemat lho. Bagaimana triknya agar dana liburan Anda tidak ‘membengkak’ dan pulang-pulang Anda malah punya banyak ‘utang’? Simak caranya yuk.

1. Gunakan transportasi umum. Memang sih akan lebih nyaman bila Anda menyewa mobil atau menggunakan taksi bila bepergian bersama keluarga. Tapi, tentu harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan bila Anda mencoba menggunakan transportasi umum yang ada di kota tujuan liburan Anda. Tak semua transportasi umum ‘jelek’ kok, Mamas. Contohnya MRT di Singapura dan Malaysia, selain bersih, harganya cukup terjangkau, dan Anda juga bisa lebih cepat tiba di tempat tujuan karena tidak mengenal kemacetan.

2. Makan di ‘restoran’ kaki lima. Percaya deh, Mamas, rasa makanan di pinggir jalan alias kaki bisa jadi lebih enak daripada menu makanan di restoran ternama yang memasang harga mahal untuk sajian mereka. Memang sih, ada kemungkinan Anda terkena panas atau hujan jika makan di rumah makan kaki lima. Tapi, tidak sedikit juga ‘resto pinggir jalan’ ini yang menyediakan tenda atau atap tambahan yang bisa melindungi Anda dari cahaya matahari atau air hujan.

3. Berjalan kaki selagi bisa. Bila memang area tujuan wisata Anda letaknya tak jauh dari tempat penginapan Anda, mengapa Anda tidak berjalan kaki saja menuju lokasi? Tapi sebaiknya berjalanlah saat pagi atau sore hari ketika udara masih sejuk. Selain menghemat biaya, berjalan kaki juga olahraga bukan? Tubuh Anda lebih sehat dan sambil berjalan, Anda bisa menikmati pemandangan sekitar dan menemui banyak penduduk lokal.

4. Tinggalkan kartu kredit atau kartu ATM di safe deposit box di hotel. Bawa uang cash secukupnya dan kosongkan dompet dari credit card dan kartu ATM. Hal satu ini juga sangat membantu Anda untuk ‘mengerem’ keinginan berbelanja impulsif karena Anda tidak punya uang lebih untuk membayarnya.

5. Membawa ‘bekal’ untuk piknik. Saat berlibur, apalagi bila membawa balita, Anda tentu akan mengajaknya ke tempat hiburan anak atau kebun binatang kan, Mamas? Nah, daripada di sana nanti ia minta jajan ini itu, mengapa Anda tidak membawakan bekal untuk acara piknik keluarga? Sebelum tiba di tempat wisata, Anda bisa mampir ke supermarket untuk membeli camilan seperti roti isi, keripik kentang, atau buah seperti apel dan pisang. Jangan lupa juga beli air mineral atau minuman kemasan yang harganya pasti lebih murah daripada Anda membeli di tempat wisata.

6. Berbelanja oleh-oleh secukupnya. Tip satu ini jika dilakukan memang bisa mengurangi pengeluaran Anda dengan cukup signifikan ya, Mamas. Kadang, saat liburan ke suatu tempat, kita berpikir bahwa kapan lagi nih ke sini? Jadi deh, Anda ‘kalap’ berbelanja suvenir seperti T-shirt, mug, atau hiasan dinding yang sebetulnya tidak terlalu penting kan, Mams? Jika memang Anda beralasan itu untuk ‘kenang-kenangan’, mengapa tidak Anda perbanyak foto atau video liburan keluarga dengan menggunakan ponsel atau pocket camera Anda? Dengan cara ini, Anda tak perlu keluar uang lebih banyak kan untuk berbelanja oleh-oleh. Selamat liburan hemat! (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

.

 

Shares