Interior Design

Trik Pemilihan Warna Agar Dapur Terlihat Luas

By  | 
Warna dapat memengaruhi mood seseorang. Tak heran kalau pemilihan warna pada hunian harus menjadi perhatian utama. Pemilihan warna yang tepat akan menciptakan atmosfer tersendiri bagi ruang dalam rumah, tak terkecuali untuk area dapur.

Dapur adalah salah satu bagian hunian yang memiliki frekuensi aktivitas cukup sering karena digunakan sehari-hari. Bagi Anda yang memiliki area dapur dengan ukuran tak terlalu luas, permainan warna dapat menentukan kenyamanan dapur tersebut. Salah dalam memilih warna cat dapat berakibat tampilan dapur mungil menjadi lebih sempit dan sumpek. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memilih warna cat untuk dapur mungil di rumah Anda.

Hindari Warna Gelap
Untuk dapur berukuran mungil, sebaiknya gunakan warna terang, seperti putih atau krem. Warna-warna terang akan membantu menciptakan ilusi luas pada ruang. Sebaliknya warna gelap akan membuat ruangan semakin terlihat sempit.

modern-colorful-kitchen

Sesuaikan dengan Tema Hunian
Tak ada salahnya menyesuaikan warna dapur dengan tema yang diusung hunian Anda, misalnya warna biru untuk tema nautical, warna putih untuk tema skandinavian, warna cokelat untuk tema klasik, dan sebagainya. Menyesuaikan warna dengan tema akan membuat ruang terlihat lebih harmonis sebagai satu kesatuan.

white-retro-kitchen-ideas-with-colorful-accents-for-small-space

Warna Kabinet
Jika dapur Anda memiliki banyak cabinet atau lemari, sesuaikan warnanya dengan warna cat dinding. Jika dinding dapur menggunakan warna cerah, Anda dapat mengecat atau memilih kabinet dengan warna netral seperi putih, hitam, warna kayu, atau warna dengan tone yang lembut untuk dikombinasikan dengan warna dinding dapur.
Sebaliknya, jika warna dinding dapur putih, Anda dapat mengecat atau memilih cabinet dengan warna-warna cerah seperti biru, hitam, hijau, merah, kuning, dan lainnya.

5234df06b1d879fb61c9dda77fe21d44--patchwork-tiles-patchwork-kitchen

Boleh Warna Mencolok
Perhatikan tata letak dapur mungil Anda. Jika area dapur Anda memiliki banyak bukaan, Anda dapat mengaplikasikan warna-warna terang yang lebih berani, seperti merah, kuning, oranye.
Banyaknya bukaan pada area dapur akan membuat sinar matahari masuk ke dalam ruang sehingga aplikasi warna ini bisa lebih optimal menghadirkan nuansa berbeda, lebih ceria dan bersemangat. Area dapur bisa menjadi area yang menambah positif suasana hunian Anda.

7cb768d3d35169f5a805345e86b3f6c7--colorful-rugs-pink-rug

Warna Langit-langit
Untuk langit-langit dapur disarankan selalu memilih warna dasar putih atau gradasi putih, seperti krem dan putty. Warna putih pada langit-langit akan membuat ruang dapur terasa lebih luas dan lebih terang sehingga membuat Anda terasa lebih nyaman beraktivitas di dapur. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares