Finance

4 Tip Menukar Mata Uang Asing

By  | 

Bagi Mamas yang berniat menukarkan mata uang rupiah ke mata uang asing, ada baiknya membaca beberapa tips berikut ini.

  1. Tempat Penukaran. Dibandingkan menukarkannya di bank atau di bandara, ada baiknya Mamas menukarkan uang Anda di money changer karena nilai tukarnya lebih tinggi. Tak perlu khawatir akan kesulitan menemukan money changer, karena dengan mudah Anda dapat menemui money changer di berbagai pusat perbelanjaan dan pusat bisnis. Ingat Mams, kalau memang bukan karena terpaksa sekali, hindari menukarkan uang Anda ke mata uang asing saat berada di bandara. Karena nilai tukarnya bisa sangat rendah.
  2. Cermat menghitung nilai tukar. Terkadang, ada selisih yang cukup besar saat Anda menukar dolar Amerika atau Australia menjadi beberapa mata uang asing seperti Euro, Baht atau Ringgit, dibandingkan Anda menukarnya dari rupiah. Jadi, sebaiknya tukarkan rupiah Anda menjadi dolar Amerika atau Australia terlebih dahulu, baru kemudian tukarkan menjadi mata uang negara tujuan ya, Mams!
  3. Timing yang tepat. Bila Anda berniat menukarkan uang Anda ke mata uang asing karena untuk keperluan berlibur, ada baiknya Anda melakukan hal ini dengan tidak terburu-buru. Dengan begitu Mamas bisa mendapatkan money changer yang tepat dengan nilai tukar yang paling tinggi. Selain itu, beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah kurs mata uang asing yang cenderung akan naik saat masuk musim liburan, dan sebaiknya lakukan penukaran uang di awal minggu (Senin atau Selasa), karena pada di awal minggu, pasar mata uang lebih stabil.
  4. Menukar mata uang asing menjadi rupiah. Mungkin Anda termasuk orang yang tak suka menyimpan uang dalam mata uang asing. Bila liburan telah usai dan Anda berniat menukarnya kembali ke dalam rupiah, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu apakah negara yang Anda kunjungi merupakan negara yang lebih besar dibandingkan Indonesia? Jika ya, maka akan lebih menguntungkan jika Anda menukar mata uang asing Anda di negara tersebut karena nilai kursnya lebih tinggi. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares