Relationship

3 Hal ini Turut Memengaruhi Keharmonisan Pernikahan

By  | 

Berapa lama Anda menikah Mams? Tentunya dalam kurun waktu selama itu, yang namanya perselisihan pasti pernah dialami. Masalah – masalah kecil tentunya akan dengan mudah diselesaikan bersama. Namun untuk beberapa hal dibawah ini, bila tak disikapi dengan baik, maka berisiko menghancurkan rumah tangga Anda. Berikut ini adalah 3 hal yang turut memengaruhi keharmonisan pernikahan dan bagaimana sebaiknya menghadapinya.

1. Long Distance Relationship (LDR).

Idealnya, Anda dan pasangan memang tinggal serumah setelah menikah. Namun, karena satu dan lain hal, ada kalanya Anda dan suami harus menjalani pernikahan jarak jauh. Misalnya karena suami bekerja di luar kota atau luar negeri dimana Anda dan Si Kecil tak memungkinkan untuk turut serta bersama suami. Komunikasi dan kontak fisik yang terbatas terkadang akan menimbulkan masalah. Seperti Anda yang merasa seringkali merasa sangat terbebani karena harus mengurus anak dan rumah tangga seorang diri, missed communication, hingga rasa curiga yang muncul saat Anda atau juga suami sulit dihubungi. Tentunya menjalani pernikahan LDR bukanlah perkara yang mudah. Diperlukan rasa saling percaya dan dukungan yang sangat besar dari masing-masing pasangan untuk bisa tetap langgeng menjalani pernikahan jarak jauh seperti ini (baca: Survive Menjalani Pernikahan Jarak Jauh).

 

indifferent parents dont looking at their baby

 

2. 2.Terlalu Sibuk.

Sekarang ini, banyak pasangan muda yang keduanya memilih atau memang ditempatkan pada posisi harus bekerja. Dan tuntutan pekerjaan yang berat tentunya membuat Anda dan juga pasangan harus benar-benar fokus pada tugas yang ada yang juga sekaligus menyita waktu Anda dan pasangan, untuk keluarga. Anak-anak tentunya akan menjadi korban disini, karena waktu kedua orangtuanya yang sangat singkat atau bahkan hampir tak ada bagi mereka. Namun tak hanya anak-anak saja, waktu Anda dan pasangan pun hampir tak ada lagi. Bila sudah begini, kurangnya komunikasi akan menjauhkan Anda dengan suami dan juga anak-anak. Ada baiknya Anda dan pasangan mengkomunikasikan hal ini. Apa yang harus dilakukan agar anak-anak tetap bisa dekat dengan orangtuanya, dan hubungan Anda bersama suami pun tetap intim.

3. Krisis Finansial.

Walau tak semua mengalaminya, namun pada beberapa pasangan, kondisi keuangan rumah tangga yang sedang tak stabil turut memengaruhi keharmonisan rumah tangga. Ketika ini terjadi, kekompakan pasangan adalah hal yang sangat penting. Daripada saling menyalahkan dan hanya akan membuat masalah bertambah, ada baiknya Anda dan suami justru semakin kompak mencari solusi untuk keluar dari masalah finansial yang dihadapi. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares