Mind

6 Alasan Kenapa Mama Perlu Me Time

By  | 

Kebanyakan new mama seringkali masih sering merasa kewalahan dengan semua hal yang harus mereka lakukan di kesehariannya. Walau demikian, yang namanya me time tetap sangat penting dan wajib ada dalam rutinitas Anda.

Baik menyusui, mengganti popok, hingga pekerjaan rumah tangga, sepertinya semuanya tak pernah berakhir. Menjadi mama baru nyaris tidak ada cukup waktu bagi Anda untuk mandi, apalagi untuk duduk santai sejenak.

Rutinitas yang sangat padat ini, sudah pasti lama-kelamaan bisa membuat Anda frustasi. Baby blues hingga post partum depression bisa saja Anda alami bila Anda tak mencoba untuk lebih rileks.

Me time bisa jadi salah satu solusi untuk terhindar dari kedua hal tersebut lho, Mams! Berikut ini adalah delapan alasan lain mengapa Anda membutuhkan me time:

1.Refresh your mind.

Setiap mama, sesekali harus menjauh dari bayinya. Mama juga membutuhkan waktu untuk berpikir dan bersantai, tidak selalu selalu terlibat dan mengkhawatirkan segala sesuatunya setiap saat. Me time dapat me-refresh Anda, sekalipun itu hanya berjalan-jalan di sekitar rumah untuk beberapa menit, atau berendam dalam bak mandi berisi air hangat.

2.Me time memberi Anda waktu untuk mengurus diri sendiri.

Saat menjadi mama, segala kebutuhan buah hati adalah yang utama. Walau begitu, memastikan bahwa Anda selalu makan sehat dan berolahraga cukup juga tak kalah penting. Termasuk bersantai sejenak juga diperlukan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda. Dengan begitu, Anda akan mampu dan sehat secara mental untuk merawat bayi Anda.

3.Bonding dengan anggota keluarga lainnya.

Penting bagi kakek-nenek, om-tante maupun kerabat lainnya untuk dapat menghabiskan waktu berkualitas bersama bayi Anda. Meminta mereka untuk mengawasi bayi Anda sekitar satu jam tidak hanya menyenangkan bagi mereka, namun juga memberi mereka kesempatan untuk bonding dengan buah hati Anda.

4.Interaksi dengan orang lain.

Jika ada orang lain yang bisa mengawasi bayi Mama, Anda tidak hanya akan mendapatkan waktu untuk istirahat, tetapi juga akan memberi mereka waktu untuk menghabiskan waktu bersama bayi Anda. Hal ini juga dapat membantu Si Kecil saat nantinya ia harus melewati masa transisi saat ke tempat penitipan anak atau sekolah, karena ia sudah terbiasa berinteraksi dengan lebih dari satu orang.

5.Recharge your energy

Setelah melakukan me time selama beberapa waktu, energi Anda akan kembali lagi dan siap merawat bayi Anda lagi.

6.Jauh dari bayi Anda akan membuat Anda merindukannya.

Jauh dari bayi selama beberapa waktu adalah hal yang baik! Sebagian besar mama merasa sangat berat saat harus jauh dari bayinya dan rasanya ingin cepat-cepat pulang ke rumah. Setelah berpisah selama beberapa waktu, Anda akan merindukan saat-saat Anda bersamanya dan akan memastikan bahwa Anda akan memiliki banyak waktu berkualitas bersamanya setelah tiba di rumah nanti.

Melihat manfaatnya yang sangat baik bagi Anda maupun Si Kecil, maka tak heran bila me time sangat penting bagi para new mama. Jadi, jangan ragu untuk sesekali melakukan me time ya, Ma! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares