Interior Design

Manfaat Ruang dengan Lantai Mezzanine

By  | 

Mezzanine berasal dari bahasa Italia, yakni ‘mezzano’ yang berarti tengah. Sesuai dari asal katanya, mezzanineadalah lantai tambahan yang berada di antara lantai dasar dan atas. Semenjak pertama kali dicetuskan, mezzanine ini dengan cepat langsung menjadi populer di rumah-rumah dan apartemen modern dunia barat. Ingin mencoba?

Menambah lantai rumah menjadi pilihan untuk menambah luas bangunan. Namun, penambahan lantai ini membutuhkan proses teknis yang lama dan biaya yang tak murah. Mezzanine pun jadi solusi. Mezzanine pada dasarnya menambah luas ruangan dengan membuat lantai baru di bawah plafon sebuah rumah berlantai satu. Hal ini dapat dilakukan jika langit-langit plafon tinggi, sekitar 5-6 meter.

Berbeda dengan penambahan lantai dua, lantai mezzanine biasanya terbuat dari bahan semi permanen seperti lantai kayu dan yang lain. Selain itu, mezzanine tidak dibangun secara penuh, hanya di sebagian rumah. Secara fungsinya, baik di rumah maupun apartemen biasanya digunakan sebagai perpustakaan, tempat belajar, atau tempat bekerja. Dilansir dari houzz.co.uk  terdapat lima inspirasi desain interior yang bisa Anda terapkan di rumah:

1.Desain interior untuk rumah bergaya mezzanine ini bisa dijadikan kamar tidur dan ruang kerja. Namun perlu juga diperhatikan ukuran ruangan yang rumah Anda miliki. Kemudian, sesuaikan dengan ukuran furnitur seperti ranjang tidur lemari kecil atau kursi.

Best-Bbfaffdfeeeedcd-With-Mezzanine-House-Plans

2. Anda bisa menggunakan ruang mezzanine ini sebagai ruang keluarga. Ide ini lumayan menarik. Sebab, jika melihat kondisi rumah saat ini yang hanya memiliki ruang tamu dam ruang makan saja.

3. Desain interior ini bisa diterapkan pada apartemen atau rumah dengan ukuran minimalis. Jika Anda tidak ingin membuat sebagai ruang kerja atau perkantoran, Anda bisa memindahkan ruang tidur khusus ada di ruang Mezzanine. Sedangkan lantai satu diperuntukkan sebagai rumah tamu dan dan ruang keluarga.

Extraordinary-Mezzanine-Style-Bedroom-60-About-Remodel-Home-Design-Ideas-with-Mezzanine-Style-Bedroom

4. Mezzanine dapat digunakan untuk menggabungkan perpustakaan rumah, kamar tidur tambahan untuk para tamu, sebuah studio seni yang menampilkan semua karya kreatif Anda, atau bahkan ruang kerja yang menawarkan banyak privasi.

5. ‘Ruang antara’ ini juga dapat diselipkan di antara dua lantai reguler dan dapat membentuk ruang penghubung yang indah, yang dapat digunakan sebagai ruang bermain terbuka untuk anak-anak sehingga memungkinkan Anda untuk mengawasi mereka setiap saat. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares