Relationship

Evaluasi 10 Hal Ini di Anniversary Ke-10

By  | 

Mencapai usia pernikahan 10 tahun tentu tidak mudah ya Mams, mengingat banyak pasangan yang tak mampu bertahan padahal rumah tangga masih seumur jagung. Nah dalam rangka merayakan hari istimewa tersebut ada baiknya Anda dan pasangan mengevaluasi 10 hal yang esensial berikut agar Anda berdua semakin kuat, kompak, serta jauh dari rasa jenuh satu sama lain.

  1. Anak. Kebanyakan pasangan sudah memiliki lebih dari satu anak saat usia pernikahan memasuki 10 tahun. Bagi Anda yang baru memiliki satu anak, kini saatnya mengevaluasi kembali mengenai kemungkinan menambah anak. Dan jika Anda berdua belum memiliki anak mungkin sudah saatnya memutuskan apakah ingin adopsi atau mencoba program bayi tabung.
  2. Finansial. Hal ini juga penting karena uang kerap jadi sumber permasalahan dalam pernikahan. Di usia pernikahan yang ke-10 ini Anda juga perlu memperbaharui target keuangan yang harus dicapai mengingat semakin bertambahnya usia anak-anak Anda, biaya yang dibutuhkan juga meningkat.
  3. Rumah. Dalam rangka merayakan anniversary ke-10, serta menghindari kejenuhan, pindah rumah atau renovasi bisa jadi pilihan. Biasanya suasana baru akan membuat Anda berdua refresh dan memiliki kesibukan baru.
  4. Teman. Di usia pernikahan yang telah memasuki usia 10 tahun ini biasanya anak-anak Anda sudah mulai besar sehingga Anda dan pasangan sudah mulai bisa hang out bersama teman-teman seperti sebelum menikah dulu.
  5. Keluarga besar. Jika dulu Anda kesulitan untuk fokus pada orangtua, mertua, kakak, adik, ipar, serta keponakan, kini saatnya Anda dan pasangan lebih memerhatikan mereka. Misalnya dengan berkunjung atau mengajak makan malam bersama. Menghabiskan waktu bersama keluarga besar membuat Anda berdua lebih bahagia.
  6. Karier. Pencapaian karier berpengaruh besar pada kehidupan keluarga, oleh karena itu Anda berdua harus saling mendukung kemajuan karier masing-masing. Tapi ingat ya Mams, Anda berdua harus meyakini bahwa kebersamaan keluarga jauh lebih penting daripada uang.
  7. Relationship. Evaluasi kembali komitmen Anda dan pasangan. Anda berdua perlu membahas apa saja yang disukai dan tidak sukai dari pasangan. Begitu juga sebaliknya, tapi jangan sampai malah jadi berargumen sengit ya, terima dengan lapang dada apapun kritikannya pada Anda, Mamas. Anda berdua juga bisa bernostalgia dan mengingat kembali masa-masa jatuh cinta dulu.
  8. Tujuan pernikahan. Anda dan pasangan perlu melakukan review seputar tujuan pernikahan. Tentunya ada perbedaan tujuan 10 tahun kemudian. Anda perlu membicarakannya kembali apalagi yang menyangkut urusan masa depan dan anak-anak.
  9. Nilai dan keyakinan. Saat menikah dulu tentunya Anda dan suami memiliki nilai dan keyakinan yang sama. Ada baiknya bicarakan kembali seputar nilai-nilai mengenai pernikahan yang diyakini oleh masing-masing pihak.
  10. Kehidupan seks. 10 tahun bercinta dengan orang yang sama tentu memicu kejenuhan, tetapi jangan khawatir Mams, Anda dapat eksplorasi berbagai gaya bercinta yang panas. Bila perlu luangkan waktu untuk honeymoon berdua ke tempat super romantis. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares