Finance

Trik Membeli Rumah Bekas

By  | 

Mungkin bagi Anda, membeli rumah second atau rumah bekas dari segi harga akan lebih terjangkau. Bisa jadi memang begitu, Mams. Namun tetap saja ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli rumah bekas ini. Jangan sampai bukannya untung, Anda malah harus mengeluarkan dana lebih besar.

Berikut triknya membeli rumah bekas:

  • Perhatikan kondisi fisik rumah. Tak hanya tampilan luarnya saja yang perlu diperhatikan, namun juga kondisi lainnya seperti dinding, lantai, kayu jendela dan pintu, saluran air, langit-langit, dan sirkulasi udara. Usia bangunan memengaruhi kondisi fisik rumah. Ingat Mams, semakin tua usia rumah, semakin banyak pula bagian yang perlu direnovasi.
  • Surat rumah. Cek kelengkapan sertifikat kepemilikan tanah berupa Sertifikat Hak Milik (SHM) atau Surat Hak Guna Bangunan (SHGB), Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan PBB-nya. Cek pula apakah Si Penjual adalah pemilik langsung rumah tersebut, dan adakah tunggakan pembayaran PBB. Selain itu, pastikan pula rumah yang akan Anda beli tidak sedang dalam sengketa agar tak repot nantinya.
  • Sumber Air. Selain saluran air, Anda juga perlu mencari tahu sumber airnya. Apakah menggunakan PAM, atau masih air tanah. Bila menggunakan air tanah, cek apakah lokasi sumur pompa berjarak 10 meter dari septic tank. Bila kurang, maka kualitas air tak layak konsumsi. Sedangkan bila menggunakan air PAM, pastikan pemilik rumah sebelumnya tidak memiliki tunggakan.
  • Untuk daya listrik, pastikan dayanya cukup untuk memenuhi segala peralatan elektronik Anda. Karena bila tak cukup, Anda harus mengeluarkan biaya untuk tambah daya. Pastikan pula instalasi kabel listriknya masih dalam kondisi baik, demi menghindari terjadinya korslet listrik yang dapat menyebabkan kebakaran.
  • Lingkungan Rumah. Untuk faktor keamanan dan kenyamanan, lingkungan rumah juga harus jadi perhatian. Ketahui apakah kondisi jalan dan penerangan lingkungan cukup, apakah banjir, bagaimana dengan keamanan lingkungannya, dan fasilitas apa saja yang tersedia di area tersebut.
  • Budget yang harus dikeluarkan. Dari beberapa hal diatas tadi, Anda akan mengetahui berapa besar biaya yang harus Anda keluarkan nantinya. Sisihkan sekian persen dari harga rumah untuk biaya renovasinya nanti ya, Mams. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares