Beauty & Style

Q & A : Bolehkah Suntik Vitamin C Saat Hamil?

By  | 

Q : Hi Smart Mama, saat ini saya tengah hamil memasuki trimester kedua. Seperti wanita pada umumnya, saya ingin tampil cantik dan fresh. Yang ingin saya tanyakan, amankan jika saat ini saya melakukan suntik vitamin C? Terima kasih banyak. Ravy, 32 tahun.

A : Hi Mams Ravy, suntik putih biasanya berbahan dasar vitamin C, yang dimana fungsi vitamin C itu sendiri sangatlah banyak. Diantaranya dapat menangkal radikal bebas, meningkatkan system imun, menghambat kerja enzim tironase yang dapat penghambat proses pigmentasi kulit, kulit menjadi sehat dan fresh, membantu menghilangkan jerawat dan mampu mencerahkan kulit. Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari suntik vitamin C ini tak heran membuat para wanita selalu ingin melakukan suntik putih dengan vitamin C walaupun dalam keadaan hamil.

Sebenarmya, untuk Anda yang tengah hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin C dalam dosis besar. Selagi dalam dosis yang rendah boleh-boleh saja. Tetapi lebih baik lagi jika tidak melakukan suntik vitamin C salama hamil dan menunggu sampai proses melahirkan selesai. Kelebihan dosis vitamin C akan berakibat pada keguguran janin dikarenakan ada tekanan dari hormone progesterone. Hal ini tidak hanya terjadi pada ibu hamil saja akan tetapi bagi mereka yang memliki kelebihan zat besi juga bisa terjadi. Sebab Vitamin C dapat membuat penyerapan ke dalam tubuh lebih cepat.

Bagi anda yang sudah memiki kelebihan Vitamin C dapat melakukan terapi dengan mengkonsumsi air putih secara teratur. Sebab vitamin C ini dapat larut di dalam air dan akan di buang kembali melalui air seni/urine. Jadi kesimpulannya ibu hamil tidak boleh melakukan suntik Vitamin C dalam dosis yang berlebih karena dapat membahayakan janin. Alangkah lebih baik jika ibu hamil banyak mengkosumsi Vitamin C dalam bentuk makanan, seperti buah-buahan serta makan-makanan sehat dan bergizi demi kebaikan janin yang sedang di kandung.

Shares