Health

Perkembangan Janin di Trimester Pertama

By  | 

Mamas, saat dinyatakan hamil pertama kali, Anda tentu bersemangat dan penasaran bagaimana perkembangan Si Kecil dalam kandungan Anda dari hari ke hari, bukan? Apa yang pertama terbentuk dan bagaimana prosesnya? Untuk
menjawab pertanyaan Anda tersebut, yuk simak perkembangan janin di trimester pertama berikut.

Minggu 1-3
Ternyata pada minggu pertama dan kedua Anda belum benar-benar hamil lho, Mams. Namun di masa tersebut kehamilan Anda sudah dihitung karena saat itulah telur Anda mulai diproduksi.
Di minggu ketiga, barulah terjadi pembuahan yakni bertemunya sperma dengan sel telur dalam salah satu tuba falopi Anda yang biasa disebut dengan zigot. Pada umunya zigot memiliki 46 kromosom yang terdiri dari 23 kromosom Anda dan 23 kromosom pasangan.

Minggu 4-6
Pada minggu keempat terjadi proses inplantasi yakni penempelan telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim. Inplantasi seringkali ditandai dengan sedikit pendarahan atau haid terakhir. Pada masa tersebut embrio juga plasenta mulai terbentuk. Di minggu kelima, otak pada bayi, jantung, serta organ lain mulai terbentuk, begitu pula dengan sel saraf dan otot. Pada akhir minggu kelima, ukuran bayi diperkirakan sebesar ujung pulpen. Pada minggu keenam, jantung Si Kecil mulai berdetak, beberapa organ seperti kaki dan tangan juga sudah mulai terbentuk.

Minggu 7-9
Pada periode ini beberapa organ penting Si Kecil mulai berkembang. Di minggu ketujuh, kepala bayi mulai terbentuk juga lensa mata Si Kecil. Ukuran tubuhnya pun sudah sedikit lebih besar dibandingkan minggu sebelumnya. Di minggu kedelapan, tangan dan kaki Si Kecil sudah lebih panjang. Area penglihatan juga sudah makin terbentuk. Pada minggu kesembilan, jari-jari bayi Anda mulai terbentuk diikuti pertumbuhan tulang dan pembentukan siku. Di akhir minggu kesembilan ukuran bayi Anda sekitar 2 cm.

Minggu 10-12
Pada minggu ke-10, kepala Si Kecil sudah mulai membentuk lingkaran, dan pada saat ini leher janin mulai terbentuk. Kelopak matanya pun mulai dapat melindungi mata Si Kecil. Di minggu ke-11, janin Anda mulai tumbuh dengan cepat, sel darah merahnya mulai terbentuk di area liver. Pada masa ini alat kelaminnya juga sudah mulai terbentuk.
Di akhir trimester pertama atau minggu ke-12, wajahnya sudah mulai tampak, kuku-kuku di jarinya juga sudah mulai tumbuh. Ukuran janin Anda pun berkembang menjadi kira-kira 6cm dengan berat kurang lebih 14 gram. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

 

Shares