Health

5 Cara Tepat Atasi Jetlag

By  | 

Mamas dan keluarga yang baru saja berlibur di tempat yang cukup jauh seringkali mengalami jet lag akibat penerbangan yang panjang, serta perbedaan waktu antara tempat berlibur dengan tempat tinggal Anda. Belum lagi Anda tentu merasa sangat lelah menempuh perjalanan sekaligus mengurus Si Kecil. Hal tersebut dapat menyebabkan Anda kelelahan juga sulit tidur. Namun banyak mamas yang mengatsi jet lag dengan cara salah seperti minum kopi atau pil tidur. Kedua hal tersebut justru membuat tubuh Anda kian lelah. Nah agar tubuh Anda kembali pulih paska melalui penerbangan panjang, lakukan hal berikut.

  1. Langsung istirahat. Yes Mams, setelah melakukan perjalanan yang panjang, Anda wajib untuk beristirahat. Oleh karena itu, perhitungkan aktivitas atau pekerjaan sejak awal. Jika Anda memiliki jadwal meeting yang sangat penting, pastikan Anda pulang satu atau dua hari sebelumnya.
  2. Makan yang cukup. Ternyata hal ini sangat memengaruhi metabolisme tubuh Anda. Pastikan Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang sebanyak tiga kali sehari diselingi dengan snack sehat. Lupakan dulu diet Anda hingga tubuh kembali segar.
  3. Olahraga ringan. Meski merasa lelah, berolahraga ringan dapat membantu tubuh Anda kembali pulih. Berlatih ringan dapat menghasilkan endorfin yang membuat tubuh segar dan mood Anda meningkat.
  4. Gunakan kacamata tidur. Yang seringkali menjadi keluhan paska traveling adalah sulit mengembalikan waktu tidur yang normal. Nah kacamata tidur serta suasana sejuk dapat membantu Anda lekas terlelap pada waktu yang diinginkan.
  5. Jauhi kafein. Kafein memang dapat membantu Anda menghindari rasa kantuk untuk sementara waktu. Namun yang sebenarnya dibutuhkan tubuh untuk kembali normal adalah istirahat. Oleh karena itu, hindari minum kopi selama proses pemulihan. Ganti dengan asupan jus segar serta air putih yang banyak. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares