Parenting

Si Kecil Pertama Kali Menginap? Ini 5 Persiapannya!

By  | 

Mamas, memiliki teman atau sepupu yang sebaya membuat Si Kecil ingin bermain seharian bersama mereka yang seringkali menimbulkan keinginan menginap bersama. Nah jika Si Kecil baru pertama kali menginap, lakukan lima persiapan berikut.

  1. Kenali pribadi Si Kecil. Jika Si Kecil anak yang fleksibel dan kerap tidur tanpa Anda, maka ia relatif lebih mudah menginap di rumah orang lain dibandingkan dengan anak yang selalu tidur didampingi Anda. Nah jika anak Anda sangat memohon menginap artinya ia sudah siap dengan segala risikonya. Akan lebih mudah baginya menikmati acara menginap tanpa Anda karena ia sangat menginginkannya.
  2. Latihan terlebih dahulu. Jika masih ragu, tak ada salahnya Anda duluan yang mengundang teman atau sepupu Si Kecil menginap di rumah Anda dan tidur bersamanya. Dengan begitu anak Anda akan memiliki gambaran seputar situasi sleepover yang ia alami di rumah orang lain.
  3. Bawa barang-barang yang membuat ia nyaman. Boneka kesayangan, selimut, bahkan bantal yang biasa ia gunakan jangan sampai luput dibawa ke tempat menginap. Barang favorit dan familiar membuat Si Kecil lebih mudah tertidur meski di tempat asing.
  4. Pastikan Anda mengenal dengan baik orangtua teman Si Kecil. Yang satu ini juga penting Mams, selain Anda merasa aman dan nyaman, Anda juga tak terlalu khawatir jika di malam hari Si Kecil menangis atau ingin buang air kecil. Biasanya kedekatan tersebut membuat orangtua teman Si Kecil menganggap anak Anda seperti anak sendiri.
  5. Jangan terlalu khawatir. Yes Mams, Si Kecil memiliki pribadi dan kekuatan tersendiri kok kala ia menginap di rumah orang lain. Tak perlu merasa khawatir terus menerus, biarkan ia berkembang dan terbentuk jadi dirinya sendiri serta belajar mengenal kehidupan lain selain lingkungan rumah. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares