Education

Tanda Si Kecil Belum Siap Bersekolah

By  | 

Preschool dalam kajian ilmu PAUD ditujukan bagi anak usia 3-6 tahun. Lalu bagaimana dengan balita Anda yang kini berusia tiga tahun, Mamas, sudah siapkah ia bersekolah? Sudah siap atau belum ia bersekolah, Anda sebagai orangtualah yang bisa mengetahui kesiapannya Mams. Lalu bagaimana cara mengenali apakah Si kecil belum siap bersekolah? Yuk simak di artikel berikut ini.

1. Anak belum cukup mandiri. Pada beberapapreschool biasanya akan menanyakan hal-hal yang sudah bisa dilakukan sendiri oleh anak dalam mengurus dirinya. Di antaranya apakah ia sudah bisa buang air kecil sendiri, makan sendiri, cuci tangan sendiri, hingga tidur sendirian tanpa orangtuanya. Bila ia belum bisa melakukan hal-hal di atas tadi, maka tandanya ia belum siap.

2. Belum bisa jauh dari Anda. Si Kecil sangat tergantung pada Anda. Ia tak bisa jauh dari Anda dan akan terus merengek bila tak melihat sosok Anda di hadapannya.

3. Tidak terbiasa dengan rutinitas. Kegiatan Si kecil dipreschool berkaitan dengan rutinitas. Bila Anda tidak membiasakan hal ini di rumah, maka Si Kecil akan kesulitan mengikuti rutinitas di sekolahnya.

4. Belum bisa bersosialisasi. Di sekolah, ia akan bertemu banyak orang dan menuntutnya untuk bisa bersosialisasi. Bila sebelumnya ia tak pernah Anda ajak bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya, maka ia akan kesulitan bersosialisasi di sekolah.

Menyimak hal-hal diatas,  bila Anda mendapati anak memang belum siap bersekolah, maka persiapkanlah sejak saat ini ya, Mamas. Sebagai bekal sekolahnya di tahun ajaran baru ini. (Tammy Febriani/LD/Photo:  Istockphoto.com)

Shares