Parenting

Cara Ajari Anak Minta Maaf dengan Tulus

By  | 

Jangankan anak-anak, terkadang orang dewasa juga sulit meminta maaf saat berbuat salah. Padahal selain membuat suasana jadi lebih damai, meminta maaf dengan tulus juga merupakan bagian dari introspeksi diri sendiri agar jadi lebih baik di kemudian hari. Oleh karena itu penting bagi Anda mengajari anak meminta maaf dengan tulus, ini caranya.

  • Tak perlu memaksa. Banyak orangtua  meminta anak langsung meminta maaf saat ia berbuat kesalahan. Padahal akan lebih bijaksana jika Anda membiarkan ia cooling down terlebih dahulu dan memikirkan sendiri kesalahannya. Setelahnya ia akan meminta maaf dengan kesadarannya sendiri.
  • Review kesalahannya. Saat suasana sudah cair dan santai, ada baiknya Anda mengajak Si Kecil berdiskusi mengenai kesalahannya dan mengapa hal tersebut tak boleh ia lakukan. Hal tersebut akan membuat Si Kecil betul-betul menyadari kesalahan dan risiko dari perbuatannya.
  • Beri contoh meminta maaf yang tulus. Hal ini tentu saja sangat penting ya Mams, seorang anak memang kerap mengikuti perilaku orangtuanya. Maka dari itu, jangan ragu minta maaf padanya jika Anda berbuat salah. Dan ingat ya Mams, minta maaf yang tulus tidak perlu disertai 1001 alasan. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares