Interior Design

6 Tip Mendesain Ruang Kerja di Rumah

By  | 

Bagi Anda yang kerap menghabiskan waktu  bekerja di rumah, daripada di ruang makan atau di ruang keluarga, bagaimana kalau Anda mulai memikirkan untuk membuat ruang kerja di rumah, Mamas? Selain tak lagi diganggu Si Kecil yang ingin ikut-ikutan ‘kerja’, Anda pun juga bisa jadi lebih fokus.

Berikut beberapa tip dari Jessica Vedel, interior designer favorit Ivanka Trump, bagaimana mendesain ruang kerja di rumah yang layak disimak.

2.23_JV_closet_hack11

Perhatikan layout. Ketika merencanakan mendesain ruang kerja, daripada menempatkan meja Anda menghadap dinding atau di sudut ruangan, coba letakkan di dekat jendela. Ini adalah pilihan paling ideal, karena Anda akan mendapatkan cahaya matahari langsung. Pemandangan dari jendela juga membuat Anda jadi lebih bersemangat.

2.23_JV_closet_hack2_v22

Get organized. Membuat kantor di rumah juga harus seperti layaknya di kantor sesungguhnya. File-file dan perlengkapan pendukung kerja Anda harus terorganisir baik. Praktisnya, pastikan setiap file yang Anda simpan dan terutama yang paling sering digunakan, dapat mudah diakses. Walau kurang menarik dilihat, namun filing cabinet adalah pilihan paling tepat untuk menyimpan kertas-kertas penting Anda. Lemari buku besar juga bisa membantu Anda menyimpan barang-barang kantor dengan rapi dan tak membuat ruangan terlihat sempit karena barang-barang yang berserakan tak teratur.

2.23_JV_closet_hack5_v2

Biasakan untuk rapi. Sedikit saja Anda tidak disiplin, maka akan semakin sulit bagi menjaga semua barang-barang Anda tetap terorganisir. Konsep ini tidak hanya berlaku untuk tata letak ruang kantor dan meja kerja, tetapi juga komputer Anda, Mams. Biasakan selalu menyortir dan menghapus file-file Anda yang tidak diperlukan lagi secara berkala, dan jangan penuhi desktop dengan folder-folder yang memusingkan, kecuali beberapa folder yang memang sedang Anda kerjakan.

2.23_JV_closet_hack41

Perhatikan pencahayaan. Cahaya yang Anda dapatkan dari sinar matahari akan lebih baik daripada cahaya lampu. Jadi pilihlah ruangan di apartemen atau rumah Anda yang ruangannya mendapatkan banyak cahaya dari luar. Anda bisa menambahkan lampu meja atau floor lamps bila cahaya luar kurang mendukung.

2.23_JV_closet_hack3_v2

bekant-desk-sit-stand-black__0268117_PE416783_S4 gubi_chair_fully_upholstred_grey_swivel_base_front_product 15732148

Pilih kursi yang nyaman. Bila Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu duduk di belakang meja, maka pilihlah kursi yang bisa mendukung pekerjaan Anda. Berikut ini merupakan beberapa pilihan kursi yang bisa mendukung pekerjaan Anda dengan desain menarik, namun tetap terasa nyaman saat diduduki untuk waktu lama.

2.23_JV_closet_hack6_v1

Add personal touch. Sentuhan pribadi di ruang kerja akan memberi energi positif bagi Anda. Foto, poster, pinboards, atau pernik lainnya bisa dipajang di ruang kerja Anda. Dekorasi dan furnitur di ruang kantor Anda ini dapat memengaruhi suasana hati serta produktivitas Anda lho, Mams. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com, Various)

Shares