Interior Design

Solusi Rumah Minim Jendela

By  | 

 

Jendela adalah jalan masuk bagi cahaya alami. Selain itu, jendela juga memiliki fungsi dekoratif, sebagai focal point dari sebuah ruang. Belum lagi tirai yang terpasang akan melengkapi interior ruang secara keseluruhan. Apalagi dari jendela, kita bisa memandang keluar dan berelaksasi.

Lantas, bagaimana jika di rumah Anda ada ruang tak berjendela? Kesan yang langsung tertangkap biasanya adalah gerah, pengap, dan tidak memiliki energi yang bagus. Lantas, bagaimana mengatasi hal itu?

1. Jendela Artifisial. Jika ruang Anda tidak memiliki jendela yang riil, cobalah bikin jendela artifisial. Sederhana saja, gunakan bingkai kayu dan gantungkan di dinding. Jangan biarkan apa adanya. Anda bisa menambahkan sebuah foto di dalam bingkai tersebut dengan latar pemandangan yang indah. Biar jendela artifisial tersebut seakan-akan mengantarkan cahaya dari luar, pasanglah bohlam di belakangnya.2. Pencahayaan. Acap kali pencahayaan di ruang tak berjendela tidak maksimal. Jadi, Anda perlu memasang lighting yang bagus. Dan, itu adalah ambient lighting. Anda bisa memasangnya di panel dinding atau langit-langit, biar bisa menghasilkan efek pencahayaan alami. Anda bisa menggunakan skylight ceiling untuk meningkatkan tampilan interior.

dcba9762-670b-42f0-b802-53dabf9bcf03

 

3. Dinding. Solusi lain untuk membuat ruang tak berjendela Anda jadi lebih baik tampilannya adalah dengan mengecat dindingnya dengan warna yang terang. Warna biru dan hijau bisa Anda coba. Jangan pakai warna yang gelap karena ruang Anda secara visual akan tampak lebih kecil dan tentu saja terasa pengap.Tanpa jendela, ruang akan terkesan datar. Nah, biar tidak terjadi demikian, Anda perlu membuat sesuatu yang bisa jadi titik fokus. Misalnya: lukisan, kain tenun pajang, keris, dan benda-benda seni lainnya.

4. Tanaman. Meletakkan tanaman di dalam ruang tak berjendela akan membuat ruang jadi terasa lebih hidup. Anda menghadirkan suasana outdoor di dalamnya. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares