Mind

Manfaat Bangun Lebih Pagi

By  | 

Jam berapakah biasanya Anda bangun pagi, Mamas? Apakah disesuaikan dengan saat suami akan bersiap berangkat bekerja, atau sesuai kebutuhan saja? Bagi Anda yang memiliki kebiasaan bangun pagi, bahkan sebelum matahari terbit, banyak sekali manfaatnya lho. Bagi yang belum mencobanya? Yuk, kita awali dari esok hari agar mendapatkan keuntungan berikut.

  1. Menyelaraskan jam biologis. Menurut Sleepfoundation.org,  dengan membiasakan diri bangun pagi, secara otomatis Anda akan menyelaraskan jam biologis dalam tubuh Anda yang berguna menyeimbangkan tingkat kesadaran dan keinginan Anda beristirahat di malam hari.
  2. Mudah membuat keputusan. Tak hanya mengurangi stres, banyak kelebihan lain yang bisa Anda rasakan dengan bangun pagi. Salah satunya dalam mengambil keputusan. Cobalah bangun lebih pagi. Saat itu, pikiran masih jernih dan tenang, sehingga Anda akan lebih mudah berpikir sehingga membuat keputusan akan terasa jauh lebih mudah.
  3. Pekerjaan terasa lebih ringan. Baik Anda wanita karier atau ibu rumah tangga yang selalu sibuk dengan rutinitas anak, rumah tangga, dan suami, cobalah bangun lebih pagi dan mulailah beraktivitas lebih pagi di saat Anda masih bersemangat, maka setidaknya satu beban di hari itu sudah berkurang. Dengan begitu, Anda bisa melanjutkan hari dengan lebih ringan, dan tidak terlalu terasa membebani.
  4. Jadi lebih ceria. Orang yang bangun pagi akan lebih bahagia dan positif dibanding orang yang bangun kesiangan. Hal ini didukung penelitian dari Journal Emotion yang dilakukan tahun 2012 lalu.
  5. Merasakan sinar matahari pagi. Seperti kita ketahui, sinar matahari pagi baik bagi kesehatan tubuh. Tak hanya untuk bayi, bagi orang dewasa pun sinar matahari pagi ini masih memberikan banyak manfaat. Sinar matahari pagi terbaik bisa Anda dapatkan selama 20-30 menit pada pukul 08.00. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah terpenuhinya kebutuhan vitamin D bagi tubuh, melancarkan sirkulasi darah, meredakan depresi, dan sebagainya.
  6. Sarapan. Seringkali Anda melewatkan sarapan karena harus mengejar waktu ke kantor atau terlalu sibuk dengan kegiatan lainnya di rumah. Jika Anda bangun lebih pagi, maka akan ada lebih banyak waktu bagi Anda  menyiapkan sarapan. Lagipula, sarapan pagi akan mencegah Anda mengonsumsi makanan berlebih di siang harinya, dan tentunya Anda akan jadi lebih konsentrasi saat melakukan suatu aktivitas. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares