Beauty & Style

Q& A : Bawaan Wajib Ibu Hamil Saat Bepergian

By  | 

Q : Saya ibu rumah tangga yang tengah hamil lima bulan tetapi saya masih sering mual. Meskipun tidak setiap hari ke luar rumah, setidaknya seminggu sekali saya pergi bertemu mertua atau sahabat. Apa yang harus saya bawa saat bepergian tersebut?
Dira, 30 tahun, hamil 5 bulan

A  : Agar selama di perjalanan Anda merasa nyaman dan dapat mengurangi rasa mual, beberapa barang bawaan wajib yang harus ada dalam tas Anda maupun Anda kenakan.

1. Sepatu atau sandal yang nyaman. Jika Anda tipe wanita yang hobi menggunakan sepatu hak tinggi, tidak ada salahnya selalu membawa sepatu atau sandal cadangan. Jika kaki mulai lelah lekaslah ganti alas kaki agar tidak terjadi bengkak.

2. Tisu. Membawa tisu akan sangat berguna. Selain menyeka keringat berlebih, tisu juga berfungsi saat Anda harus ke kamar kecil. Penggunaan tisu kering atau basah bisa dipilih sesuai kebutuhan. Agar tidak terlalu ribet, bawa saja tisu dalam ukuran kecil.

3. Permen jahe. Permen ini dikenal sebagai pengusir mual. Buat Anda yang suka merasakan mual, tak ada salahnya membawa permen jahe agar gangguan kesehatan ini tidak mengganggu aktivitas Anda.

4. Hand Sanitizer. Untuk memastikan tangan Anda selalu bersih dari debu dan kotoran yang menempel selama beraktivitas di luar ruangan, selalu bawa hand sanitizer.

5. Body lotion. Saat hamil, kulit menjadi gampang kering karena adanya perubahan hormon. Oleh sebab itu, body lotion dapat membantu Anda menjaga kesehatan kulit. Atau, bawa juga stertch mark lotion untuk mengurangi gatal pada bagian perut.

6. Masker. Lindungi diri dari polusi udara dengan menggunakan masker saat keluar ruangan. Anda bisa pilih masker tisu sekali buang, atau yang terbuat dari kain supaya bisa dicuci dan digunakan kembali.

7. Wewangian. Biasanya penciuman ibu hamil lebih tajam terhadap bebauan dan mudah terganggu oleh bau-bau tertentu yang biasanya kurang dirasakan saat sebelum hamil. Untuk mengatasi mual terhadap bau tertentu, sebaiknya bawa body mist dengan wewangian segar seperti wangi buah. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares