Parenting

Kenalkan Si Kecil pada Kasih Sayang Lewat Buku Cerita

By  | 

Belajar mengenal kasih sayang bisa dengan berbagai cara, salah satunya melalui buku cerita. Kali ini Smart Mama pilihkan buku cerita yang inspiratif dan wajib Anda punya dan bacakan pada Si Buah Hati!

One hundred is a family oleh Pam Munoz Ryan 

Buku ini berisi tentang keluarga kecil dan keluarga besar. Ada keluarga bertiga yang sedang menghitung bintang berkelip di angkasa, keluarga berlima sedang berkebun bersama, keluarga bersepuluh menonton pertandingan olahraga, keluarga berlima puluh memperbaiki rumah, keluarga berdelapan puluh bernyanyi beramai-ramai! Nah, sambil mempelajari urutan bilangan dasar dan berkenalan dengan bilangan puluhan, Si Kecil akan menyaksikan kebersamaan, kerjasama, dan kasih sayang yang terjalin dengan hangat antara anggota keluarga dan sekelilingnya.

detail_Picture_OneHundred

Guess How Much I love You oleh Sam McBratney

Buku ini berkisah tentang ayah dan anak kelinci. Little Nutbrown Hare dan Sang Ayah, Big Nutbrown Hare. Little Nutbrown Hare ingin menunjukkan betapa ia mencintai Sang Ayah. Ia pun merentangkan tangannya lebar-lebar sambil berkata, “I love you this much.” Big Nutbrown Hare ikut juga merentangkan tangannya, “But I love you this much.”
Hmmm, that is a lot, pikir Little Nutbrown Hare. Kembali ia mencari akal. “I love you as high as I can reach.” Dan kembali Sang Ayah ikut juga menaikkan tangannya tinggi-tinggi. “That is quite high, I wish I had arms like that,” kata Little Nutbrown dalam hati.
Begitu seterusnya sampai hampir 20 halaman, Little Nutbrown terus mencari cara agar cintanya lebih besar dari Sang Ayah tapi selalu kalah. Sampai akhirnya saat malam tiba ia punya akal. “I love you right up to the moon!” dan ia pun tertidur. Saat Big Nutbrown Hare mencium kening anaknya ia berbisik sambil tersenyum, “I love you to the moon and back”. So sweet!

guess1

Mommy Hugs oleh Karen Katz 

Waktunya mengajak Si Kecil berpelukan lewat buku yang dipenuhi ragam warna manis khas Karen Katz ini. Anda dan Si Kecil bisa bermain mesra dengan aneka pelukan, sambil berhitung dari satu sampai sepuluh. Ucapan-ucapan yang ditulis pada tiap hitungan penuh dengan kasih sayang dan semua gaya pelukannya sangat lucu. Buku ini tersedia dalam bentuk picture book atau board book.

9781416941217_Mommy_Hugs

Dad, I Love You! oleh Arleen A

Membaca cerita ini Anda pasti akan langsung teringat pada sosok orangtua dan juga suami. Membuat tersenyum dan terharu, teringat saat kecil dulu bersama orangtua, dan hal-hal sederhana yang dilakukan suami bersama anak-anak. Ilustrasinya menarik dengan aneka warna cerah khas anak-anak. Bahasa yang disajikan pun sangat sederhana dan mudah dimengerti. Satu hal yang pasti, setelah membaca buku ini, menyadarkan kita betapa pentingnya melakukan kegiatan sederhana seperti menggosok gigi bersama sebelum tidur, duduk santai sambil makan es krim di taman, mencium dan memeluk anak-anak, serta mendongeng sebelum tidur, yang nantinya kegiatan tersebut akan terus membekas di dalam ingatan Si Kecil.

dad

(Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com, Various)

Shares