Health

Tubuh Indah Berkat Bodyweight Training

By  | 

 

Ingin memiliki bentuk tubuh seksi namun tak sempat pergi ke gym? Jangan khawatir, Mams, Anda bisa kok tetap memiliki tubuh indah tanpa harus jauh-jauh ke gym. Lakukan saja di rumah. Tak perlu bingung bila tak ada alat olahraga yang tersedia di rumah. Sebab melalui bodyweight training, Anda cukup berlatih dengan mengandalkan berat tubuh sendiri. Berikut adalah lima gerakan  bodyweight training yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah.

1. Wall Sit. Sandarkan punggung Anda pada dinding. Jaga posisi punggung tetap tegak dan rileks. Dengan tetap bersandar pada dinding, lakukan gerakan seperti squat dengan menggeser tubuh secara perlahan ke bawah hingga lutut Anda membentuk sudut 90 derajat. Kembali ke posisi semula dan ulangi sebanyak 8-10 kali.

2. Squat. Dimulai dengan posisi berdiri tegak dan kedua kaki sedikit direntangkan. Kedua tangan lurus ke depan. Turunkan tubuh hingga posisi jongkok. Tahan posisi ini selama tiga hingga lima detik.

3. Mountain Climber. Ambil posisi tubuh seperti push up dengan kedua telapak tangan bertumpu ke lantai. Kaki kanan ditekuk ke depan. Lakukan gerakan ini selama beberapa kali.

4. Plank. Letakkan kedua tangan di lantai dengan bertumpu pada siku. Luruskan kaki dan buka selebar pinggul. Kemudian, angkat tubuh Anda. Tubuh akan bertumpu pada siku dan kedua kaki. Pastikan posisi tubuh rata sama tinggi, jangan sampai melengkung atau bokong Anda lebih tinggi. Tahan perut selama 10-20 detik sebagai permulaaan. Ulangi gerakan ini hingga tiga kali.

5. Jumping Jack. Dimulai dari posisi berdiri tegak dengan kedua tangan rileks di samping tubuh. Lakukan lompatan kecil dengan kaki sedikit terbuka dan kedua tangan ditepukkan ke atas. Lalu kembali ke posisi semula. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com, Various)

Shares