Pengeluaran yang Seharusnya Direncanakan Tiap Bulan

By  | 

Selain menyisihkan penghasilan untuk asuransi pendidikan dan asuransi kesehatan, sebenarnya ada budget lain yang juga harus Anda alokasikan setiap bulan lho, Mams. Tentunya Anda tak mau kan, gara-gara itu kondisi keuangan keluarga jadi berantakan? Lalu untuk apa sih dana tersebut? Ketahui lebih lanjut di artikel ini.

1. Uang transportasi. Sering kali uang transportasi justru terlewat dalam catatan pengeluaran bulanan Anda. Padahal, ini adalah salah satu pengeluaran terbesar Anda setiap bulan, terlebih untuk Anda yang tinggal di wilayah suburb dan tiap hari menempuh perjalanan pulang-pergi ke pusat kota, biayanya tentu tak sedikit. Merencanakan uang transportasi sangat penting agar manajemen keuangan Anda tidak berantakan.

2. Servis mobil. Bagi Anda pengguna kendaraan pribadi untuk aktivitas sehari-hari, tak hanya biaya bensin dan tol saja yang harus dihitung. Anda juga harus menyisihkan uang untuk menyervis mobil. Apabila uangnya tidak terpakai, alokasikan untuk kebutuhan lain, seperti asuransi kendaraan misalnya. Dengan begitu, saat mobil rusak, Anda tak perlu terlalu khawatir dengan biayanya.

3. Make up and skin care. Penampilan merupakan hal penting bagi Anda bukan, Mams? Otomatis keperluan make up dan skin care juga harus direncanakan. Agar saat produk kecantikan Anda ini habis di tengah bulan, Anda tak ada masalah untuk membeli yang baru karena memang sudah tersedia budgetnya.

4. Biaya komunikasi. Di era teknologi seperti sekarang ini, tak hanya pulsa telepon saja yang Anda butuhkan. Paket data internet untuk smartphone Anda juga merupakan hal penting sebagai penunjang bekerja ataupun bersosialisasi. Jangan sampai sebelum waktunya gajian, kuota internet Anda sudah habis. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares