Sex

Q&A: Apakah Bentuk Vagina Berubah Paska Persalinan?

By  | 

Q : Saya baru melahirkan seminggu lalu melalui persalinan normal. Saat ini tentu saja saya masih melalui masa nifas sehingga saya dan suami belum melakukan hubungan suami istri. Karena ini pengalaman pertama, saya jadi ingin tahu. Kata teman saya bentuk vagina akan berubah usai melahirkan. Dan apakah hal ini nantinya akan berpengaruh pada kehidupan seksual kami?
Riyanti, 30 tahun, mama dari Sheina, 1 minggu

A : Tak ada seorang wanita pun yang vaginanya akan tetap sama paska persalinan dengan cara alami atau normal. Demikian kata Mary Rosser, MD, PhD dari Department of Obstetrics and Gynecology and Women’s Health at the Albert Einstein College of Medicine and Montefiore Medical Center in New York City. Menurut Mary, jika vagina Anda berubah bentuk menjadi lebih lebar akibat proses persalinan, itu merupakan sesuatu hal wajar, Mamas. Semakin besar berat bayi yang Anda lahirkan lewat vagina Anda, maka umumnya semakin lebar pula ukuran vaginanya.

Tapi, jangan khawatir ya, Mams, dokter akan menjahit bagian vagina Anda yang robek akibat proses persalinan tersebut. Memang, pada sebagian besar mama akan mengalami perubahan ‘rasa’ dalam hubungan seksual, khususnya mereka mengaku lebih lama mencapai  orgasme selama kurang lebih 6-8 minggu. Nah, untuk membantu mengembalikan ritme kehidupan bercinta seperti sediakala, tak ada salahnya Anda mencoba latihan senam kegel untuk mengencangkan kembali fungsi otot vagina ya. Namun ada juga mama yang merasa tidak ada masalah dengan perubahan bentuk vagina yang dialaminya dengan kehidupan seksual. Mereka merasa tetap bisa mencapai puncak kenikmatan seperti sebelum melahirkan. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares