Health

Asupan Sehat untuk Calon Mama di Trimester Akhir

By  | 

Meski sudah memasuki trimester akhir, namun asupan Mamas to be hendaknya tetap sehat dan bernutrisi seimbang.

Pada tahap ini, perkembangan bayi di dalam rahim hampir selesai. Berat badannya akan meningkat dengan cepat, otak serta paru-parunya juga terus berkembang. Meskipun janin sudah tumbuh lebih besar, namun tetap penting bagi Anda untuk berhati-hati dengan apa yang Anda makan. Hal ini penting karena apa yang Anda makan memengaruhi berat badan Anda dengan cepat, itulah mengapa Anda harus melanjutkan diet seimbang dan bergizi.

Berikut adalah daftar makanan yang harus dimasukkan dalam menu makanan Anda di bulan ke-9 kehamilan Anda:

-Biji-bijian dan roti gandum: 6 hingga 11 porsi per hari

-Buah-buahan: 2 hingga 4 porsi per hari

-Sayuran: lebih dari 4 porsi per hari

-Produk susu: 4 porsi per hari

-Makanan kaya protein: 3 porsi per hari

-Hidrasi: minimal 2 liter air putih setiap hari

Ketika Mamas to be makan makanan sehat dan bergizi, maka keluhan kehamilan dapat terminimalisir. Ketidaknyamanan seperti sembelit dan mulas dapat dicegah saat Anda makan makanan bernutrisi seimbang. Hal ini tentunya dapat membantu tumbuh kembang bayi Anda. Karena itu, sertakan beberapa makanan berikut ini dalam menu makanan Anda ya, Mamas to be:

-Makanan kaya serat. Seperti sayuran, buah-buahan, roti gandum, sereal, kurma, dll.

-Makanan kaya zat besi. Seperti ikan, ayam, kuning telur, brokoli, lentil, kacang polong, bayam, beri, kedelai, dan buah-buahan kering seperti prune, kismis, dll. Konsumsi minimal 3 porsi makanan kaya zat besi setiap hari.

-Makanan kaya kalsium. Retensi kalsium memuncak selama tahap kehamilan ini, itulah sebabnya penting bagi Anda untuk makan banyak makanan kaya kalsium. Makanan tersebut termasuk sawi, produk susu, oatmeal, almond, dan biji wijen.

-Makanan kaya Vit C. Makanan kaya vitamin C juga penting selama 9 bulan kehamilan Anda. Makan banyak buah jeruk, tomat, stroberi, brokoli, dan kembang kol.

-Makanan kaya asam folat. Untuk menghindari cacat lahir seperti spina bifida, konsumsilah makanan yang kaya akan kandungan asam folat. Sayuran berdaun hijau dan polong-polongan seperti kacang lima, buncis, dan kacang polong harus menjadi bagian dari makanan harian Anda.

-Makanan kaya Vit A. Bayam, wortel, ubi jalar, melon dan sumber kaya vitamin A lainnya juga harus dimasukkan dalam makanan Anda selama tahap kehamilan ini. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com, Freepik)

Shares