Health

7 Makanan untuk Kesehatan Gigi Anda

By  | 

Salah satu bagian tubuh yang memiliki fungsi penting namun kadang kita kurang memberi banyak perhatian adalah gigi. Padahal gigi tak hanya berperan krusial dalam mengunyah makanan namun juga akan membuat Anda ‘kesulitan’ jika sudah mengalami sakit gigi. Merawat gigi dengan cara rutin menyikatnya minimal dua kali sehari setelah makan dan membersihkan sisa makanan dengan dental floss memang sudah benar, Mamas. Tapi Anda juga harus rutin membersihkan karang gigi setidaknya enam bulan sekali dan rajin mengonsumsi makanan tertentu yang terjadi baik untuk kesehatan gigi geligi kita, Mamas. Tujuh makanan tersebut antara lain:

1. Teh : Dalam teh hitam dan teh hijau terdapat polyphenols yaitu zat yang bisa memperlambat pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan karies dan penyakit gusi. Penelitian di Universitas Illinois, Chicago juga menemukan bahwa orang yang rajin berkumur dengan menggunakan teh hitam selama semenit, 10 kali dalam sehari, akan memiliki pertumbuhan plak di gigi yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak melakukan rutinitas tersebut.

2. Keju: Penelitian yang dipublikasikan di jurnal General Dentistry menunjukkan bahnwa mereka yang rutin makan keju cheddar maka memiliki kadar asam dalam mulut yang lebih rendah dibanding mereka yang rutin makan yogurt bebas gula atau minum segelas susu. Setelah makan keju, para volunteer ini minum air putih untuk membersihkan sisa makanan dari gigi mereka. Ternyata dalam waktu 30 menit, level pH atau asam dalam mulut mereka makin rendah. Ini artinya keju bisa menetralkan kadar asam dalam plak.

3. Kismis: Ini hanya kismis yang tanpa tambahan gula ya, karena gula justru bisa ‘menolong’ bakteri untuk menempel di gigi lebih lama, sehingga menyebabkan produksi plak bertambah. Namun kismis murni mengandung phytochemicals, yang bisa meminimalisasi penyebab gigi berlubang.

4. Apel : Buah berwarna merah yang renyah ketika dimakan ini memang memiliki kandungan serat yang tak hanya baik untuk pencernaan, tapi juga untuk gigi Anda. Apel berkandungan malic acid, sebuah komponen antibacterial untuk ‘memerangi’ gigi berlubang. Apel juga bisa membuat mulut Anda berair dan air liur ini baik untuk melawan pembusukan gigi, lho.

5. Stroberi: Seperti apel, stroberi juga dilengkapi kandungan malic acid. Yang kedua, vitamin C yang tinggi dalam stroberi akan memengaruhi tubuh memproduksi kolagen yang akan membuat gusi Anda tetap sehat. Keistiwemewaan lain stoberi adalah mengandung xylitol, yang dapat mencegah masuknya bakteri penyebab gigi berlubang.

6. Nanas: Buah tropis bercita rasa asam manis ini juga kaya akan serat, vitamin A, dan C. Nanas juga merupakan sumber vitamin B yang tidak dimiliki oleh banyak buah lain. Dan zat bromelain di dalam nanas juga mampu melawan kuman penyebab masalah gigi.

7. Cranberi : Sama seperti yang ada di dalam teh, kandungan polyphenols di dalam cranberi bisa memperlambat pertumbuhan plak dan meminimalisasi risiko terjadi karies gigi. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

 

Shares