Education

5 Manfaat Mengerjakan PR untuk Si Kecil

By  | 

Apakah Si Kecil sudah mulai diberikan pekerjaan rumah (PR) oleh guru di sekolah? Bagi sebagian anak mungkin kurang menyukai PR karena berbagai alasan. Padahal, mengerjakan PR di rumah banyak manfaatnya untuk anak usia balita lho. Manfaat tersebut antara lain:

1. Mengulang pelajaran di rumah. Dengan mengerjakan PR, Si Kecil akan membuka kembali buku pelajaran yang sudah diberikan guru di sekolah. Tentu ini akan membuat ia akan lebih cepat hafal dengan pelajaran yang sudah diberikan guru.
2. Melatih anak mandiri. Saat diberikan tugas sekolah, Si Kecil akan berusaha mengerjakan PR-nya sendiri. Tentu ini akan membuatnya lebih mandiri untuk bisa menyelesaikan tugasnya tanpa bantuan orang lain. Namun, Anda juga bisa tetap membantu jika Si Kecil mendapat kesulitan dengan PR tersebut ya.
3. Melatih disiplin dan tanggung jawab. Membuat PR dapat melatih Si Kecil untuk belajar lebih disiplin sekaligus bertanggung jawab atas tugas dari gurunya. Mau tidak mau ia akan mematuhi apa yang dikatakan Sang Guru untuk mengerjakan PRnya. Dan itu akan membuatnya lebih disiplin saat diberikan tugas.
4. Melatih Si Kecil mengatur jadwal kegiatan.
Si Kecil memiliki aktivitas rutin seperti belajar, menonton TV, bermain, les musik, dan lain sebagainya. Saat diberikan PR untuk dikerjakan di rumah, ia akan belajar menyesuaikan jadwal kegiatan harian supaya ia dapat menyelesaikan PRnya.
5. Meningkatkan bonding Anda dan Si Kecil.
Sebagai orangtua, Anda dapat membimbing Si Kecil dalam mengerjakan PR sekaligus juga dapat memantau perkembangan kemampuan anak dan mengenali kekurangan anak pada pelajaran tertentu. Hal ini juga bida jadi sarana bonding yang tepat kan, Mams? (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares