Parenting

Agar Kakak Tidak Selalu Mengalah

By  | 

Memiliki anak lebih dari satu memang rentan dengan sibling rivalry serta kecenderungan harus ada yang mengalah. Dan biasanya yang kerap diminta mengalah adalah Si Kakak karena ia dianggap sudah lebih besar sehingga lebih bisa mengerti. Padahal hal ini dapat berpengaruh negatif pada pertumbuhan Si Kakak maupun Sang Adik. Kakak yang sering mengalah akan mengalami krisis kepercayaan diri dan kerap sulit mengambil keputusan. Sementara itu adiknya akan tumbuh menjadi egois. Nah agar hal tersebut tidak menjadi kebiasaan dalam keluarga, lakukan hal berikut:

  • Sadari bahwa Anda harus bersikap adil. Hal paling mendasar adalah Anda dan pasangan harus menyadari bahwa sikap ini salah sehingga Anda akan aware dan tidak kerap meminta Si Kakak untuk mengalah.
  • Gali info dari dampak mengalah. Semakin Anda mengetahui dampak negatif dari kebiasaan meminta untuk mengalah dari salah satu anak, Anda akan semakin menjauhi kebiasaan tersebut. Minta juga pasangan untuk melakukan hal sama.
  • Terapkan aturan keluarga. Buat aturan dalam keluarga misalnya siapa yang mengambil mainan terlebih dahulu maka ia yang berhak bermain dan tetapkan juga durasi bermainnya agar bisa bergantian. Hal tersebut dapat mereduksi keributan dan tidak memicu harus ada yang mengalah.
  • Biarkan mereka berdebat. Pemicu terbesar orangtua meminta kakak untuk mengalah karena tidak ingin ada perkelahian antar saudara. Padahal keributan antar kakak adik sudah biasa kok Mams, dan wajar terjadi selagi masih normal. Biarkan mereka berdebat dan kemudian belajar bernegosiasi serta menerapkan peraturan mereka sendiri. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares