Education

Tip Agar Si Kecil Tidak Terlambat ke Sekolah

By  | 

Salah satu hal untuk melatih kedisiplinan Si Kecil adalah dengan cara datang tepat waktu di sekolah, bahkan ketika ia masih preschool sekalipun. Apalagi beberapa sekolah menerapkan beberapa sanksi jika lebih dari satu kali terlambat. Lalu bagaimana cara untuk mengantisipasinya? Berikut tipnya, Mams.

1. Siapkan jadwal, buku sekolah, dan perlengkapannya di malam hari. Cara sederhana ini dapat membantu Si Kecil agar tidak terlambat ke sekolah lho. Usahakan menata jadwal maupun perlengkapan sekolah di malam hari sebelum anak tidur istirahat malam, agar tak ada benda yang tertinggal. Misalnya, pastikan apakah baju seragam sekolahnya sudah selesai disetrika, atau apakah bekal sekolah Si Kecil sudah Anda persiapkan.
2. Biasakan anak tidur tepat waktu di malam sebelumnya. Tidur malam yang cukup dapat mengembalikan tenaga sehingga ia bisa menerima pelajaran dengan lebih baik. Selain itu tidur malam yang tepat waktu akan membuat Si Kecil tidak akan bangun kesiangan dan akan tepat waktu datang ke sekolah.
3. Mengatur waktu belajar yang baik. Terkadang, ketika Si Kecil dalam masa ujian,  orangtua akan menambah jam belajar yang lebih lama. Untuk mengatasinya agar dapat belajar lebih lama tanpa harus mengurangi waktu istirahat malam adalah dengan memulai waktu belajar lebih awal. Dengan begitu Si Kecil akan mampu belajar lebih lama tanpa mengurangi waktu istirahat.
4. Contoh dari orangtua. Bagi seorang anak, contoh pertama kali baginya adalah orangtua. Oleh karena itu, Anda haruslah mampu memberikan contoh baik. Misalnya dengan membiasakan diri bangun pagi. Dengan begitu,  Anda dan Si Kecil akan mendapat waktu yang lebih banyak untuk mempersiapkan diri dan akan menghindari anak datang terlambat.
5. Siapkan alarm. Sebagai alternatif gunakanlah alarm untuk membangunkan Si Kecil. Benda atau barang tersebut mampu membuat anak terkejut. Hal tersebut akan membuat ia terpaksa untuk bangun. Mungkin untuk permulaan memang terasa berat. namun jika sudah sering dipaksa seperti itu maka hal ini akan jadi sebuah kebiasaan. Atau bahkan jam alarm belum berbunyi pun anak sudah bangun dengan sendirinya. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares