Health

5 Langkah Merawat Gigi Susu Anak

By  | 

Sejak usia dini, gigi merupakan salah satu pendukung proses pencernaan tubuh. Karena gigi adalah gerbang pertama makanan digigit dan dicerna, digiling, dan dikunyah. Nah, untuk mempermudah proses pencernaannya, Mamas perlu memperhatikan kesehatan gigi susu Si Kecil. Video berikut akan menjelaskan 5 langkah merawat gigi susu anak. 

Jumlah gigi susu bayi

Seluruhnya adalah 20 buah, terdiri atas 4 gigi seri depan (atas dan bawah), 4 gigi seri samping, 4 gigi taring, dan 8 gigi geraham. Gigi susu ini akan tumbuh sejak usia bayi, dan tanggal satu persatu setelah Si Kecil memasuki masa anak – anak.

drg. Nasya Dania dari Sweet Treats Dental Clinic menyarankan Mamas untuk mulai merawat gigi bayi dengan cara membasuhnya menggunakan kapas basah. Jangan lupa untuk terus mendampingi mereka saat menyikat gigi sampai setidaknya berusia 3 tahun lalu tambahkan pasta gigi sebesar kacang polong ya, Mams!

Bahaya sakit gigi

Dalam kasus tertentu, drg. Nasya saat memberikan informasi mengenai hal ini dalam acara Sharing Moment “Mama & Kid Dentist Day” (Minggu/28/1/2018) di Bintaro, Tangerang Selatan mengungkapkan bahwa sakit gigi dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pada gigi yang berlubang, misalnya, dapat memicu peradangan pada organ-organ tubuh lainnya. Karena makanan yang dicerna akan membawa infeksi dari gigi lalu masuk ke saluran pencernaan. Yuk, mulai sekarang, berikan perhatian ekstra kepada pertumbuhan gigi susu Si Kecil, Mams! (Nathalie Indry/KR/Photo/video: dok. Smartmama).

Shares