Health

Manfaat Konsumsi Air Lemon Hangat Tiap Hari

By  | 

Belakangan ini, banyak para mama yang membiasakan diri untuk minum segelas campuran lemon yang dicampur air putih hangat kurang lebih 15-30 menit sebelum sarapan karena banyak khasiat untuk kesehatan yang akan Anda rasakan. Apakah Anda juga termasuk salah satunya? Jika belum, coba deh mulai biasakan mengonsumsi ‘ramuan ajaib’ ini karena lemon mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, zat besi, magnesium, potasium, dan serat yang memiliki beberapa manfaat baik untuk tubuh, yaitu:

 1. Melancarkan pencernaan. Air lemon memang bisa membantu membuang racun-racun yang ada dalam tubuh dengan melancarkan proses ‘pembuangannya’. Air lemon juga bisa membantu masalah yang berhubungan dengan pencernaan lain seperti heartburn, sendawa, dan kembung. The American Cancer Society juga merekomendasikan para penderita kanker untuk membantu merangsang kelancaran pencernaannya.

2. Meningkatkan sistem imun. Karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi, buah berwarna kuning ini juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sehingga Anda jadi berisiko rendah untuk mengalami flu, radang tenggorokan, atau batuk yang sering datang saat musim pancaroba.

3. Membantu menurunkan berat badan. Lemon kaya akan serat pektin yang akan membantu membuat Anda kenyang lebih lama alias menunda rasa lapar. Jika Anda ingin berdiet, minum air lemon hangat akan memaksimalkan proses pengurangan bobot Anda nih, Mamas.

4. Menyegarkan pernapasan. Selain membantu menyegarkan pernapasan, air lemon juga bisa membantu menyembuhkan sakit gigi dan radang gusi. Tapi ingat, zat asam yang terdapat dalam lemon bisa merusak lapisan enamel dalam gigi. Oleh karena itu, setelah minum air lemon sebaiknya kumur dengan air putih ya, Mamas.

5. Membersihkan kulit. Kandungan antioksidan di dalam lemon juga bisa membantu mengurangi keriput dan noda hitam yang timbul akibat radikal bebas. Vitamin C di dalam lemon ini juga dapat membunuh beberapa bakteri yang juga bisa menyebabkan jerawat.

6. Meningkatkan energi dan mood. Aroma segar dari air lemon dipercaya bisa meningkatkan mood dan semangat Anda sebelum beraktivitas di pagi hari lho. Lemon juga bisa membantu mengurangi kecemasan dan depresi. Oleh karena itu, tak ada salahnya ganti kebiasaan Anda minum kopi sebelum berangkat ke kantor, dengan minum air lemon hangat yuk. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

 

 

Shares