Health

Video Persalinan Caesar Bayi Sungsang

By  | 

Salah satu kondisi dimana seorang calon mama harus menjalani persalinan secara caesar, adalah ketika bayinya sungsang. Mau tak mau, bila sudah begini, pilihan caesar merupakan keputusan yang terbaik. Karena, memaksakan bayi tetap lahir secara normal, dapat menimbulkan risiko yang sangat besar, baik bagi bayi maupun sang mama.

Kondisi ini pun terpaksa dijalani oleh seorang calon mama di Venezuela. Kondisi bayinya yang sungsang dalam posisi duduklah yang jadi alasannya. Proses persalinan ini kemudian diabadikan oleh sang dokter kandungan, Jham Frank Lugo (@fertilugo) dan diunggah dalam bentuk video berdurasi 1 menit oleh bidan Stepha Lawson, di akun Instagram miliknya, @doulascienceandsoul.

Pada video tersebut, terlihat sang dokter dengan sangat hati-hati dan perlahan berusaha mengeluarkan bayi yang sungsang tersebut dari perut sang mama. Karena bayi sungsang dan dalam posisi duduk, maka bokong bayi terlebih dahulu yang bisa dikeluarkan, baru kemudian disusul dengan mengeluarkan satu persatu kakinya, kedua tangan bayi, dan kemudian dilanjutkan dengan mengeluarkan kepala sang bayi.

“Salah satu hal yang jadi alasan persalinan caesar adalah ‘podalica position’ (bayi dalam posisi duduk atau sungsang). Dalam posisi seperti ini, tak perlu diragukan lagi, melahirkan bayi secara normal sangat tidak mungkin bagi bayi dan dapat menimbulkan masalah yang sangat serius,” ujar dr. Lugo.

1

3

6

7

Selama proses persalinan ini, terlihat bagaimana dr. Lugo harus melakukan manuver obstetrik dengan sangat hati-hati, waspada dan penuh kesabaran agar bayi dan juga sang mama dalam kondisi aman. Sang mama-papa bayi mungil ini pun ingin melewati proses persalinan lebih tenang dengan mendengarkan alunan musik.

“Setelah lahir, bayi pun segera diberikan kepada sang mama untuk skin to skin. Dan menunda menjepit tali pusar bayi,” tambah dr Lugo pada caption video yang diterjemahkan dari bahasa Spanyol ke dalam bahasa Inggris. (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com, doc. Instagram Stepha Lawson)

Shares