Health

Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga

By  | 

Setelah berolahraga selama beberapa menit atau jam, Anda tentu akan merasa kelelahan, lapar, dan berkeringat bukan, Mamas? Energi yang sudah terpakai untuk berolah tubuh tentu harus digantikan agar Anda bisa kembali menjalankan aktivitas sehari-hari. Namun, sebaiknya Anda jangan sembarang mengonsumsi makanan apa saja ya, seperti jajanan pinggir jalan yang memang kerap menggoda selera. Nah, berikut Smart Mama akan memberitahu Anda, jenis makanan apa yang sebaiknya Anda konsumsi sehabis berolahraga.

1. Telur. Protein dan karbohidrat adalah dua jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh setelah berolahraga. Dalam satu butir telur terkandung 70 kalori, dengan 6,3 gr protein dan juga kandungan vitamin D yang cukup tinggi. Yang perlu diingat, sebaiknya jangan konsumsi telur yang belum matang ya, Mams, agar tubuh Anda bisa mengabsorbsi atau menyerap protein dengan maksimal.

2. Jus jeruk. Daripada mengonsumsi minuman kesehatan atau jus siap saja, lebih baik bikin sendiri jus jeruk yang kaya vitamin C ini. Selain vitamin C, Anda juga akan mendapatkan potasium yang diperlukan tubuh untuk mengembalikan cairan yang banyak keluar ketika Anda berolahraga.

3. Pisang. Buah berkulit kuning atau hijau ini juga punya kandungan potasium tinggi seperti jus jeruk. Pisang juga mengandung ‘karbohidrat baik’ yang memang dibutuhkan tubuh untuk memberikan energi selepas olahraga.

4. Salmon. Tak hanya memiliki kandungan protein sangat tinggi, salmon juga punya kandungan omega 3 yang sangat baik untuk mengembalikan otot-otot yang lelah paska workout.

5. Blueberi. Buah imut berwarna biru keunguan ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Bahkan dengan mengonsumsi blueberi setelah berolahraga, maka Anda akan kembali bersemangat tiga kali lebih cepat daripada Anda tidak mengonsumsinya.

6. Nanas. Kandungan bromelain, yaitu zat anti radang atau inflamasi alami di dalam nanas terbukti bisa membantu meredakan pembengkakan, memar, atau terkilir yang mungkin terjadi setelah Anda berolahraga keras.

7. Ubi manis. Memiliki berbagai jenis vitamin dan mineral seperti vitamin B6, C, D, magnesium, dan potasium, ubi manis jelas merupakan pilihan tepat untuk Anda makan paska berolahraga. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares