Health

5 Alasan Mengapa Chia Seeds Baik untuk Tubuh

By  | 

Anda tentu setuju kan, Mamas, bahwa mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.  Oleh karena itu, memiliki gaya hidup sehat sudah seharusnya jadi bagian dari keseharian Anda. Mulai dari rutin berolahraga, menjauhi rokok dan stres, serta membatasi asupan makanan tidak sehat yang masuk ke tubuh kita dan menggantinya dengan makanan sehat alias super food. Salah satu makanan sehat yang belakangan ini  ­­sedang terkenal di kalangan para penggiat gaya hidup sehat adalah chia seeds. Mengapa Anda harus coba chia seeds? Karena makanan satu ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, antara lain:

1. Rendah kalori dan kaya nutrisi. Chia seeds merupakan pangan organik, alami, bebas gluten, dan bebas GMO sehingga aman untuk tubuh kita. Menurut United States Department of Agriculture, dalam 2 sendok makan chia seeds (28 gr), memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut : serat (11 gr), protein (4 gr), lemak (9 gr, 5 % merupakan asam lemak omega 3), kalsium (18 % dari kecukupan zat gizi yang dianjurkan/ Recommended Daily Allowance/ RDA), mangan (30 % dari RDA), magnesium (30% dari RDA), serta fosfor (27 % dari RDA). Tak hanya itu, chia seeds juga mengandung seng (yang membantu penyembuhan), vitamin B3 (yang berguna untuk pertumbuhan sel otak), potasium, vitamin B1, dan vitamin B2 serta 1 gr karbohidrat yang bisa dicerna.

2. Tinggi antioksidan. Antioksidan merupakan ‘sahabat’ Anda nih, Mams karena bisa memperlambat proses penuaan dan juga membantu melawan kanker. Dan kabar baiknya, zat ini bisa Anda temukan dalam chia seeds, makanan alami yang pasti jauh lebih baik daripada suplemen antioksidan.

3. Kaya protein. Dibandingkan tanaman lain, kandungan protein di dalam chia seeds tergolong tinggi, yaitu 23,4 %. Seperti yang Anda tahu, protein merupakan zat gizi yang sangat baik untuk Anda yang ingin berdiet. Karena menurut sebuah penelitian, protein bisa menurunkan selera makan dan mengurangi pemikiran tentang makanan hingga 60 % dan hasrat untuk mengemil hingga 50 %.

4. Tinggi akan asam lemak omega 3. Selama ini masyarakat tahu bahwa ikan salmon memang memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi. Padahal, ternyata kandungan ini terdapat dalam chia seeds delapan kali lebih banyak, lho. Ini berarti asam lemak tak jenuh ganda tersebut memiliki manfaat lebih banyak untuk kesehatan jantung, persendian, dan tentu saja otak.

5. Menurunkan kadar kolesterol, tensi darah, dan peradangan. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi terhadap 20 pasien diabetes tipe 2. Setelah mengonsumsi chia seeds sebanyak 37 gr per hari selama dua minggu, kadar tekanan darah mereka turun hingga 3-6 mm/Hg, serta peradangan (pembengkakan) turun hingga 40 %. Sedangkan kadar serat larut air yang tinggi dalam chia seeds juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Seperti kacang kedelai dan oat (haver), chia seeds memang dikenal bisa menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat serta triglicerid dan meningkatkan kadar HDL atau kolestrol baik. Namun, untuk hasil lebih maksimal dalam menurunkan kolesterol, Anda bisa mencampur chia seeds dengan kacang kedelai atau oat.

Nah, Mams, setelah Anda mengetahui aneka manfaat baik dari chia seeds, Anda tentu ingin tahu bagaimana cara mengonsumsinya bukan? Simpel saja, kok. Anda cukup mencampurnya dengan air putih, smoothies, teh, kopi, atau salad buah maupun sayur. Atau Anda juga bisa mengolahnya menjadi puding lezat yang menyehatkan. Dan berapa pun banyaknya chia seeds  yang Anda konsumsi setiap hari, hal tersebut tidak akan masalah karena tidak akan ada efek sampingnya bagi kesehatan, Mams. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares