Health

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Hamil

By  | 

Beberapa calon mama seringkali mengalami hidung meler, bersin-bersin, hingga hidung tersumbat. Tentunya kondisi tersebut terasa sangat tak nyaman karena tak kunjung usai. Gejala-gejala yang dialami oleh calon mama tadi, bisa jadi merupakan gejala rhinitis pada kehamilan (baca: Rhinitis pada Kehamilan).

Bila Anda mengalami hal ini, kurangi rasa tak nyaman Anda dengan melakukan beberapa hal berikut ini, Mams to be:

  • Menjauh dari alergen. Hindari asap, serbuk, debu dan bau dari cat atau pun cairan pembersih, karena ini akan semakin memperburuk kondisi Anda.

Cup of fresh ginger tea with ginger slices in transparent tea cup with saucer, honey and cut ginger root isolated on white background. Alternative natural medicine concept.

  • Minum ginger teaJahe dikatakan memiliki sifat anti-inflamasi alami. Jadi, awali hari Anda dengan secangkir teh jahe aromatik yang spicy namun juga menyegarkan tubuh yuk, Mams! Caranya, parut jahe dan campurkan perasan airnya kedalam teh hangat Anda. Tambahkan sedikit madu untuk mempermanis rasanya. Teh jahe ini akan memberikan efek hangat dan meredakan hidung tersumbat.
  • Redakan dengan Uap. Uap yang hangat akan meredakan hidung yang terasa gatal, dan juga hidung tersumbat yang kemudian mengakibatkan sakit kepala. Anda bisa menggunakan room humidifier, menghirup uap air panas yang ditaruh dalam baskom, atau menikmati mandi air hangat.
  • Posisikan kepala lebih tinggi. Tidurlah dengan posisi hidung lebih tinggi dari jantung, daya gravitasi yang ada akan membantu mengalirkan lendir yang menyumbat hidung Anda. Tumpuk bantal jadi lebih tinggi, sehingga posisi leher dan tulang belakang lebih tinggi dari jantung Anda. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares