Mind

Me Time dengan Yoga

By  | 
Seperti kita ketahui, yoga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan berfungsi menenangkan. Dari segi kesehatan, yoga bisa menurunkan tekanan darah, dan membuang racun dalam tubuh. Selain itu yoga juga bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh.
Dan bagi wanita hamil, yoga bisa juga dijadikan sebagai ajang bagi Anda untuk melakukan ‘me time’. Ikut prenatal yoga, atau yoga bagi ibu hamil, dapat mengurangi keluhan seperti pegal dan mual, lho. Teknik pernapasan dan relaksasi dalam yoga juga sangat bermanfaat dalam persalinan. Dengan melakukan yoga juga dapat membuat Anda merasa rileks, mengembalikan mood dan membuat rasa nyaman selama kehamilan hingga waktu melahirkan.
Namun perlu diingat, tidak semua gerakan yoga dibolehkan untuk calon mama. Jadi, ambilah kelas yoga khusus untuk ibu hamil ya, Mams. Dan sebaiknya, lakukan prenatal yoga setelah trimester pertama usia kehamilan Anda. Bila Anda merasa kurang nyaman dengan salah satu gerakan dalam prenatal yoga, jangan memaksakan diri untuk mengikuti semua gerakan tersebut.
Dan bila Anda tak sempat untuk ikut kelas prenatal yoga, coba beberapa gerakan yoga berikut, yang aman dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah.
Prenatal-Yoga-000012886086_Small
Gerakan ke – 1:
Letakkan kedua tangan Anda di sisi badan dengan siku lurus. Kemudian angkat kedua tangan Anda dari samping ke arah kepala sambil menarik napas sampai jari-jari kedua tangan Anda bertemu. Setelah itu hembuskan napas sambil menurunkan tangan Anda ke bagian depan. Gerakan ini bermanfaat melatih kekuatan otot lengan, melenturkan sendi pada bagian pundak, menenangkan perasaan, serta menimbulkan perasaan tenang dan nyaman.
1 (1)
Gerakan ke – 2:
Lakukan gerakan duduk dengan posisi seperti merangkak dengan bokong menempel pada tumit. Posisi kedua siku tangan lurus ke depan, dengan pandangan ke depan, dan punggung rata. Tariklah napas, lalu lengkungkan punggung Anda. Setelah itu hembuskan napas, sambil mengembalikan punggung ke posisi semula. Gerakan ini bermanfaat melepaskan ketegangan, menguatkan rahim, meringankan beban perut, dan menghilangkan pegal-pegal di tubuh.
Pregnant-Woman-Practicing-Yoga-Bridge-Pose-Outdoors-000020770059_Small
Gerakan ke – 3:
Lakukan posisi berbaring dengan kedua kaki menempel di lantai, dan kedua tangan di samping badan dengan telapak tangan membuka. Tariklah napas seiring mengangkat panggul dari lantai atau kasur. Lalu hembuskan napas sambil menurunkan kembali kedua kaki. Gerakan ini bermanfaat mencegah varises di kaki, menghilangkan kelelahan dan pegal di kaki akibat pertambahan berat badan selama hamil, juga memberikan rasa rileks pada tubuh Anda. (Tammy Febriani/LD/Photo: Various)

Shares